Tiga Wanita yang Dinikahi Nabi di Bulan Syawal

Jumat, 07/07/17 ada yang bilang sebagai hari baper dunia akhirat. Mungkin dari sebagian kita tidak mengetahui apa penyebabnya, karena yang menyebabkan kebaperan ini bukanlah dari kalangan artis layaknya Raisa maupun pemain drama korea Song Joong Ki dan Song Hye Kyo, melainkan dia seorang Qari muda bersuara merdu Muzammil Hasballah (24) yang resmi mempersunting seorang perempuan 22 tahun, bernama Sonia Ristanti, pada hari ini 07/07/2017. Meskipun dia bukan artis, namun kabar pernikahannya sempat menjadi trending di Google trending pada urutan ke 5.

Muzammil Hasballah menikah di bulan syawal

"Barakallahu laka wa baraka ‘alaik, wa jama’a bainakuma fi khair. Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang mahupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan."

Pada postingan kali ini kami tidak akan mengulas terkait pernikahan mereka, melainkan terkait bulan Syawal yang "katanya" disebut bulan nikah. Ada info menarik yang perlu kita ketahui tentang momen pernikahan di bulan syawal. Tahukah siapa saja wanita yang dinikahi Nabi Muhammad Shollallahu 'alaihi wassalam di bulan Syawal? Berikut ulasan menarik dari Ibnu Kharish, Peneliti el-Bukhari Institute

Ada sejarah penting yang ingin saya sampaikan terkait pernikahan yang dilangsungkan di bulan ke sepuluh dalam kalender hijriyah ini.

Anda kenal Aisyah bukan?. Ia putri Abu Bakar dan Ummu Ruman, sekaligus istri Nabi Muhamad SAW. Ia adalah satu-satunya istri Nabi yang dinikahi saat masih perawan. Istri Nabi lainnya, dinikahi saat mereka sudah menjadi janda. Selain cantik, ia juga pandai. Ia termasuk salah satu sahabat yang sering dimintai fatwa oleh sahabat Nabi lainnya.

Menurut sebagaian riwayat, setelah Khadijah wafat, ada dua wanita yang dinikahi Nabi, Aisyah dan Saudah.

Ternyata, keduanya dinikahi Nabi pada bulan yang sama, yaitu Syawal. Hanya saja, karena Aisyah waktu itu masih berusia enam tahun, Nabi memilih untuk tinggal bersama Saudah selama tiga tahun terlebih dahulu. Setelah itu, baru Nabi membangun jalinan rumah tangga bersama Aisyah, setelah ia tumbuh dewasa, tepatnya pada usianya yang kesembilan. Itupun bukan kemauan Nabi senidiri, tapi atas pertimbangan matang dari Saudah. Berkumpul dengan Aisyah, juga Nabi lakukan di bulan yang sama, Syawal.

Namun, Al-Waqidi berpendapat bahwa Saudahlah orang yang pertama kali dinikahi Nabi setelah Khadijah wafat, kemudian Aisyah. Saudah dinikahi pada bulan Ramadan, sedangkan Aisyah dinikahi bulan Syawal, dua tahun sebelum hijrah Nabi ke Madinah.

Ada satu lagi yang dinikahi pada bulan Syawal, yaitu Umu Salamah. Nama aslinya adalah Hani binti Abu Umayah. Ia janda beranak empat dari saudara susu Nabi, Abu Salamah bin Abil Asad. Saat perang Uhud, ia ikut perang bersama Sahabat Nabi lainnya. Namun nahas, ia terluka terkena panah. Sempat sembuh dari lukanya, namun akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada bulan Jumadil Akhir 4 Hijriyah.

Karena ia janda beranak empat, Nabi menikahinya setelah selesai idah, yaitu pada bulan Syawal 4 Hijriyah. Nabi menikhanya dengan niat membantu perekonomian Umu Salamah dalam mengurus keempat anaknya.  

Nabi menikah pada bulan Syawal bukan tanpa alasan. Tapi untuk menghilangkan tradisi buruk. Sebab pada masa Jahiliyah, Allah menurunkan wabah penyakit yang menyebabkan kematian, termasuk pada pengantin yang sedang melangsungkan pernikahan. Sehingga mereka beranggapan bahwa menikah di bulan Syawal menimbulkan malapetaka.

Saya kira saat ini sebaliknya, banyak orang yang menikah pada bulan Syawal dengan berbagai alasan. Mungkin, bulan tersebut sangat strategis untuk dijadikan momen spesial calon pengantin, karena umumnya keluarga berkumpul saat silaturahim halal-bihalal setelah lebaran. Sehingga, resepsi pernikahan diharapkan menjadi wadah kumpulnya seluruh keluarga. Wallahu'alam***

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,100,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,2,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,10,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,51,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,3,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,55,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,25,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,2,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,61,Ustadz Menjawab,37,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Tiga Wanita yang Dinikahi Nabi di Bulan Syawal
Tiga Wanita yang Dinikahi Nabi di Bulan Syawal
Jumat, 07/07/17 ada yang bilang sebagai hari baper dunia akhirat. Mungkin dari sebagian kita tidak mengetahui apa penyebabnya, karena yang menyebabkan kebaperan ini bukanlah dari kalangan artis layaknya Raisa maupun pemain drama korea Song Joong Ki dan Song Hye Kyo, melainkan dia seorang Qari muda bersuara merdu Muzammil Hasballah (24) yang resmi mempersunting seorang perempuan 22 tahun, bernama Sonia Ristanti, pada hari ini 07/07/2017. Meskipun dia bukan artis, namun kabar pernikahannya sempat menjadi trending di Google trending pada urutan ke 5.
https://2.bp.blogspot.com/-D4wBSu6yTSY/WV9D2Mt9EGI/AAAAAAAAF3k/1CLtPmcX54QESy-TTuWBUY0JhWWbOyqMQCLcBGAs/s320/Muzammil.png
https://2.bp.blogspot.com/-D4wBSu6yTSY/WV9D2Mt9EGI/AAAAAAAAF3k/1CLtPmcX54QESy-TTuWBUY0JhWWbOyqMQCLcBGAs/s72-c/Muzammil.png
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2017/07/tiga-wanita-yang-dinikahi-nabi-di-bulan-syawal.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2017/07/tiga-wanita-yang-dinikahi-nabi-di-bulan-syawal.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy