Cerita Ustadz Yusuf Mansur Saat Nyantren

Saya tidak pernah menyesal menjadi santri. Iseng. Jail. Canda. Menjadi bagian dari warna ketika menjadi santri. Bahkan sesekali perebut omong. Musuhan. Berantem. Menjadi bumbu. Apa aja yang ada di kehidupan di luar pesantren, nyaris ada di dalam pesantren.

Ustadz Yusuf Mansur hari santri
Tepat pada tanggal 22 Oktober 2015, Presiden Joko Widodo menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. Hal ini disambut baik dari semua kalangan khususnya bagi para santri. Tak hanya menjadi pemacu semangat menimba ilmu namun juga menumbuhkan jiwa nasionalisme kaum santri, mengingat pada tanggal yang sama digelorakan pula resolusi Jihad oleh Hadratusy Syaikh KH. Hasyim As'ari, 22 Oktober 1945 silam.

Tak hanya sebagai seremonial belaka, Hari Santri juga bisa menjadi refleksi serta nostalgia bagi alumni - alumni Pondok pesantren. Salah satunya Ustadz Yusuf Mansur. Melalui akun Instagramnya, Beliau bercerita masa - masa dimana Beliau saat nyantri. Bagaimana cerita indah nya? berikut selengkapnya.

Sebagai rasa syukur, memperingati hari santri nasional, anak - anak santri Darul Quran, dan keluarga besarnya, khataman al Qur'an. Semoga Allah menjadikan semua santri, dan semua yang bukan santri, adalah hamba - hamba Nya yang saleh salehah. Dan sesiapa yang berkhidmat pada santri, semoga semua malaikat diperintahkan Allah, dan juga semua makhluk di langit dan bumi, berkhidmat padanya. Aaamiin.

Saya tidak pernah menyesal menjadi santri.

Iseng. Jail. Canda. Menjadi bagian dari warna ketika menjadi santri. Bahkan sesekali perebut omong. Musuhan. Berantem. Menjadi bumbu.

Apa aja yang ada di kehidupan di luar pesantren, nyaris ada di dalam pesantren. Secara mikronya.

Dan ternyata, semua berguna saat kami, para santri, keluar pesantren. Kami relatif lebih siap. Sebab kayak apa aja warna kehidupan di luar, boleh jadi, sudah kami dapati saat kami nyantren.

Berbaur dengan beragam latar belakang akhlak, sifat, sikap, pembawaan, karakter, tiap - tiap kawan yang berbeda. Membuat kami seperti disiapkan kelak menghadapi banyak sekali juga warna yang berbeda di kehidupan selepas nyantren.

Kedewasaan, perjuangan bertahan hidup, kesiapan lepas dan jauh dari orang tua dan keluarga, kami para santri, beruntung. Bisa lebih cepat menikmati seluruh pembelajaran dan pengalamannya, dibanding kawan - kawan yang ga nyantren.
Mereka yang ga nyantren, bisa jadi nanti baru belajar hidup bareng kawan setelah ngekos. Di bangku kuliah. Atau malah bisa jadi nanti di asrama saat bekerja.
Sebagiannya, baru belajar hidup bareng, baru setelah berumah tangga. Sebelumnya ada yang belom pernah sama sekali lepas dan jauh dari orang tua.

Tambah lagi beruntungnya santri, di saat bisa jadi orang2 penuh kebersamaan dalam canda dan maksiat. Canda dan dosa. Canda dan kesalahan. Para santri, akrab dan penuh dengan canda dan ketaatan. Canda dan kesalehan. Semog istiqomah selepas nyantren.

Namanya juga pohon. Pasti ada aja daun atau ranting, atau buah yang busuk, gagal, jelek. Santri pun begitu. Ga semua santri pastinya bakal baik. Tapi kami percaya, semua bakal berproses menuju baik.

Seorang walisantri berkisah, "Saya menguatkan hati. Ga apa2 berpisah sementara dg anak di dunia. Melepasnya nyantren. Dg doa dan harapan, semoga bisa ngumpul nanti bersama di surga. Daripada sering ngumpul di rumah, banyak ngumpulnya. Tapi nanti berpisah di akhirat. Sebab ada yang ke surga. Ada yang ke neraka." Tidak ada jaminan. Jelas. Bahwa dengan nyantren, seorang anak pasti jadi ahli surga. Tidak ada jaminan.

Namun para santri merasakan. Bahkan saat di rumah, ketika libur, astaghfirullah, kebiasaan baik, sebab ramai2, kumpul, berjamaah, emang beda. Lalu bisa shubuh, zuhur, ashar, maghrib, isya, berjamaah. Lah, saat di rumah? Ya kita tau lah. Gimana kita. Gimana ayah ibu. Gimana kakak adik.

Haruskah nyantren terus? Seumur hidup? Ya. Santri ya tetap santri. Udah jadi apapun, tetap santri. Pesantrennya adalah kehidupan ini. Dunia ini. Saat ada santri yang kelak jadi presiden, maka ia pun tetap harus berjiwa santri. (dhinz/nvb.)

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,100,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,2,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,10,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,51,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,3,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,55,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,25,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,2,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,61,Ustadz Menjawab,37,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Cerita Ustadz Yusuf Mansur Saat Nyantren
Cerita Ustadz Yusuf Mansur Saat Nyantren
Saya tidak pernah menyesal menjadi santri. Iseng. Jail. Canda. Menjadi bagian dari warna ketika menjadi santri. Bahkan sesekali perebut omong. Musuhan. Berantem. Menjadi bumbu. Apa aja yang ada di kehidupan di luar pesantren, nyaris ada di dalam pesantren.
https://3.bp.blogspot.com/-gveGaJb3qS8/WArHXAr9PvI/AAAAAAAAFYE/rxDAJLSIlDo3ZAlz3K42Gyx9JinsXgvawCLcB/s320/yusufmansur.PNG
https://3.bp.blogspot.com/-gveGaJb3qS8/WArHXAr9PvI/AAAAAAAAFYE/rxDAJLSIlDo3ZAlz3K42Gyx9JinsXgvawCLcB/s72-c/yusufmansur.PNG
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2016/10/cerita-ustadz-yusuf-mansur-saat-nyantren.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2016/10/cerita-ustadz-yusuf-mansur-saat-nyantren.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy