8 Point Penting dalam Semarak Kuningan Cinta Rasul

Tausiyah-tausiyah yang disampaikan Guru mulia kita Alhabib Quraisy Baharun dan Syekh Ridwan Al-Amri, juga mengandung pesan yang sama bahwa agar kita bisa mengambil hikmah dari peristiwa Hijrah sesungguhnya.

kuningan cinta rasul
Tahun Baru Hijriah adalah salah satu hari besar bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Peringatan setiap setahun sekali itu untuk mengenang peristiwa hijrahnya Rasulullah saw. dan para sahabatnya dari Mekkah menuju Madinah.

Sudah menjadi tradisi yang baik di beberapa negara dan pelosok negeri dalam menyambut tahun baru islam dengan berdoa bersama, duduk berkumpul dan mudzakarah, mengisi dengan tausiyah-tausiyah agama.

Tidak ketinggalan Kabupaten Kuningan, Sabtu (01/10) juga turut memeriahkan Tahun Baru Hijriyah ini sekaligus Tasyakkuran hari jadi kota kuningan ke 518. Antusias warga kabupaten kuningan Jawa Barat dapat terlihat sejak sore mulai padat di tempat acara, pendopo kuningan yang terletak di jalan protokol, ribuan warga tumpah ruah di acara tersebut.
 
 Acara tahunan yang mengambil tema "Kuningan Cinta Rasul" berjalan semarak dan penuh khidmat tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Kuningan bekerjasama Jalsah Itsnain Majelis Rasulullah SAW Jawa Barat dan seluruh masyarakat kuningan.

"Kuningan Cinta Rasul" juga dihadiri oleh Bapak Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan,LC ( Kang Aher ), Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Dandim Kuningan dan Cirebon, Kapolres Kuningan dan Cirebon, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS, Sesepuh Cirebon, Ketua MUI Kab.Kuningan, Ketua PC NU Kab. Kuningan
Para Tamu :
- Syekh Ahmad Al Khatib (Tarim - Hadramaut - Yaman)
- Alhabib Abdullah Al Haddad (Tegal)
- Syekh Ridwan Al Amry (Jakarta)
Serta para tamu-tamu besar lainnya.
 kang aher bersama alhabib quraisy baharun
Bapak Gubernur Jawa Barat yang akrabnya dipanggil Kang Aher, dalam kata sambutannya memberikan apresiasi dan mendukung kegiatan bermanfaat seperti ini, setidaknya peringatan Hijriyah bisa dijadikan momentum untuk setiap jiwa bisa hijrah dari hal-hal yang negatif menuju hal-hal yang positif, tidak cuma bermanfaat untuk dirinya, namun keluarga,masyarakat dan bangsa ini, khususnya untuk agama Islam.

Tausiyah-tausiyah yang disampaikan Guru mulia kita Alhabib Quraisy Baharun dan Syekh Ridwan Al-Amri, juga mengandung pesan yang sama bahwa agar kita bisa mengambil hikmah dari peristiwa Hijrah sesungguhnya. 8 Point penting dalam tausiyah beliau diantaranya adalah:

Pertama; Mempopulerkan sistem penanggalan Hijriyah dan menampakkan kesakralannya karena ia merupakan sistem penanggalan Islam yang berhubungan dengan momen hijrahnya Rasulullah saw. dan karena penanggalan bulan Hijriyah merupakan penanggalan bulan Qomariyah yang berhubungan dengan rotasi bulan, dan Rasulullah saw. Mengajarkan kita menggunakan bulan-bulan ini dalam masalah ibadah dan lainnya.

Kedua; Mengingatkan kembali umat Islam pada peristiwa hijrah, dan menautkan mereka pada hikmah dan pelajarannya agar mereka mengetahui sunnatullah dan karakter dari dakwah Islam.

Ketiga; Mempertegas rekayasa dan tipu daya musuh-musuh Islam zaman dulu dan sekarang yang tidak ada henti-hentinya mengerahkan segenap daya, upaya dan usahanya untuk menjauhkan umat manusia dari dakwah Islam.

Keempat; Memperkenalkan kepada generasi muda akan momen kepahlawan dari generasi muda sahabat dalam momen hijrah dan momen-momen lainnya dalam sejarah Islam. Sebagaimana Ali bin Abi Thalib yang tatkala itu masih berusia belia mempunyai peran penting dan pengorbanan besar dalam kesuksesan hijrahnya Rasulullah saw. Beliau berperan bak kelinci percobaan yang ditugaskan untuk menggantikan posisi Rasulullah saw. di atas tempat tidurnya yang seyogyanya menjadi tempat kejadian kejahatan besar.

Kelima; Menegaskan kedudukan mulia bagi Abu Bakar ra. dan keluarganya di sisi Rasulullah saw. atas peran besar yang dilakukannya pada momen-momen sebelum hijrah dan setelahnya. Demikian juga kedudukan mulia para sahabat khususnya sepuluh orang yang dijamin masuk surga, dan lebih khusus lagi adalah keempat khulafa`ur-rasyidin.
semarak tahun baru hijriyah
Keenam; Menegaskan perhatian Rasulullah saw. akan pentingnya berusaha. Beliau bersama Abu Bakar ra. telah mengerahkan segenap usahanya untuk menyusun strategi dan persiapan. Namun, meskipun begitu beliau tetap bertawakal kepada Allah swt. bukan kepada usaha yang telah dilakukannya.

Ketujuh; Pentingnya menghidupkan kembali semangat persaudaraan di antara sesama kaum muslimin dan menegaskan hubungan eratnya dengan keimanan kepada Allah swt. Semangat persaudaraan yang dihidupkan kembali adalah semangat persaudaraan untuk saling mengayomi dan membantu dalam kebaikan dan ketakwaan.

Kedelapan : Menegaskan kembali pentingnya menghidupkan kembali peran masjid dan menguatkan hubungan dengannya serta pencetakan kader-kader yang mampu memenej masjid dan mengembalikan peran utamanya untuk menyelesaikan permasalahan umat, tempat mentarbiyah umat,tempat menyadarkan umat dan mengaktifkan lagi perannya dalam mendirikan agama dan mengaplikasikan nilai-nilai Islam.

Besar harapan kita semua, semoga kegiatan acara tahunan ini bisa terus menjadi agenda tahunan di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. (Ust.Muhammad MA)

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,98,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,1,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,7,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,49,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,2,Kabar Islam,155,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,39,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,54,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,23,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,1,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,59,Ustadz Menjawab,36,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: 8 Point Penting dalam Semarak Kuningan Cinta Rasul
8 Point Penting dalam Semarak Kuningan Cinta Rasul
Tausiyah-tausiyah yang disampaikan Guru mulia kita Alhabib Quraisy Baharun dan Syekh Ridwan Al-Amri, juga mengandung pesan yang sama bahwa agar kita bisa mengambil hikmah dari peristiwa Hijrah sesungguhnya.
https://2.bp.blogspot.com/-rwfAZm-0U6M/V_CZ0zn_7oI/AAAAAAAAFUs/OWUQHus1oVYEi7At5NX3cSEvIR4x3N9ygCLcB/s320/kuningan1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-rwfAZm-0U6M/V_CZ0zn_7oI/AAAAAAAAFUs/OWUQHus1oVYEi7At5NX3cSEvIR4x3N9ygCLcB/s72-c/kuningan1.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2016/10/8-point-penting-dalam-semarak-kuningan-cinta-rasul.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2016/10/8-point-penting-dalam-semarak-kuningan-cinta-rasul.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy