7 Cara Berbakti kepada Orang Tua yang Telah Wafat

Cara Berbakti kepada Orang Tua yang Telah Wafat

Cara Berbakti kepada Orang Tua yang Telah Wafat
Kemarin, saya sempat minta nasehat kepada Alhabib Quraish Baharun. Nasehat perihal sikap anak kepada orang tua yang sudah tiada. Beliau, Habib Quraish Baharun menjelaskan secara gamblang 7 cara berbakti kepada orangtua yang sudah tiada. Berikut 7 cara tersebut, semoga menjadi tambahan ilmu buat saya pribadi maupun pembaca sekalian...

1. MENDOAKAN ORANG TUA

Hal ini sebenarnya tidak hanya saat beliau telah wafat, namun mendoakan mereka para orang tua sejak mereka masih hidup.
اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا.
“Allahummaghfirlii wa liwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa”.
Artinya :
“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan Ibu Bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

2. MENJAGA KESUKAANNYA DENGAN AGAMA DIMASA HIDUP

Semua orang tua muslim/muslimah pasti sangat ingin mengetahui secara mendalam ilmu agama, maka sebagai bakti anak pada orang tuanya, jika orang tuanya dari kalangan awam, maka anaknya harus menjaga kesukaan orang tuanya dengan giat dan lebih mendapatkan ilmu agama. Sama hal nya jika kesukaan orang tuanya berkumpul dengan orang-orang sholeh, maka si-anak seyogyanya mengikuti hal itu. Karena bakti itu,

الْوَالِدُ أَوْسَطُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ فَإِنْ شِئْتَ فَأَضِعْ ذَلِكَ الْبَابَ أَوِ احْفَظْهُ

“Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya.” (HR. Tirmidzi)

3. MENYAMBUNG HUBUNGAN BAIK ORANG TUA

إِنَّ أَبَرَّ الْبِرِّ صِلَةُ الْوَلَدِ أَهْلَ وُدِّ أَبِيهِ

“Sesungguhnya sebaik-baik bentuk berbakti (berbuat baik) adalah seseorang menyambung hubungan dengan keluarga dari kenalan baik ayahnya.” (HR. Muslim no. 2552)

4. SILATURRAHIM DENGAN KELUARGA TEMAN ORANG TUA

إِنَّ مِنْ أَبَرِّ الْبِرِّ صِلَةَ الرَّجُلِ أَهْلَ وُدِّ أَبِيهِ بَعْدَ أَنْ يُوَلِّىَ

“Sesungguhnya sebaik-baik bentuk berbakti (berbuat baik) adalah seseorang menyambung hubungan dengan keluarga dari kenalan baik ayahnya setelah meninggal dunia.” Sesungguhnya ayah orang ini adalah sahabat baik (ayahku) Umar (bin Al-Khattab).

5. SEDEKAH PADA KELUARGA TEMAN ORANG TUA

Pada suatu hari, ketika Ibnu Umar pergi ke Makkah dengan keledainya, tiba-tiba seorang Arab Badui lewat, lalu Ibnu Umar bertanya kepada orang tersebut, “Apakah engkau adalah putra dari si fulan?” Ia menjawab, “Betul sekali.” Kemudian Ibnu Umar memberikan keledai itu kepadanya dan berkata, “Naiklah di atas keledai ini.” Ia juga memberikan sorbannya seraya berkata, “Pakailah sorban ini di kepalamu.”

6. ZIARAH KUBUR ORANG TUA

Ziarah kubur selain bermanfaat mengingatkan kita akan kematian, juga bentuk syukur kita kepada orang tua yang pernah melahirkan dan membesarkan kita. Mendoakan dan mengirim al-fatihah dari anak yang sholeh sesuatu yang mulia.

7. NIATKAN SEDEKAH ATAS NAMANYA

Bisa saja dengan membelikan sejadah atau infak/sedekah ke masjid, jika belum mampu membangun masjid dan sebagainya yang bermanfaat untuk islam dan senantiasa digunakan muslim sebagai sarana kebaikan, maka niat sedekah tersebut akan selalu dikirimkan juga buat al-marhum/almarhumah.

Sebenarnya masih sangat banyak cara khidmat atau berbakti pada orang tua yang telah tiada.
a.Seperti mengkabulkan keinginan baiknya.
b.Banyak meminta ampunan pada Allah untuk kedua orang tua.
c.Memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia.
d.Menjalin hubungan silaturahim dengan keluarga dekat keduanya yang tidak pernah terjalin.
e.Memuliakan teman dekat keduanya.

Seperti dalam sebuah hadits mulia:
Dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As-Sa’idi, ia berkata,
Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah,saw Ketika itu ada datang seseorang dari Bani Salimah, ia berkata, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah meninggal dunia?”
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya (masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya). (Bentuknya adalah) mendo’akan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang tidak pernah terjalin dan memuliakan teman dekat keduanya.” (HR. Abu Daud no. 5142)

Wallahu A'laam bis shawab.

Kalau orang tua kita masih hidup, manfaatkanlah kesempatan berbakti padanya walau sesibuk apa pun kita. Dan untuk Saudara-saudariku yang salah satu orang tuanya telah wafat, tetap berbaktilah pada mereka dengan mengamalkan cara-cara diatas. Mudah-mudahan Allah mengampunkan dosa para Orang Tua dan memasukkannya ke sorga-Nya.

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,98,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,1,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,7,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,49,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,2,Kabar Islam,155,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,39,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,54,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,23,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,1,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,60,Ustadz Menjawab,36,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: 7 Cara Berbakti kepada Orang Tua yang Telah Wafat
7 Cara Berbakti kepada Orang Tua yang Telah Wafat
Cara Berbakti kepada Orang Tua yang Telah Wafat
http://2.bp.blogspot.com/-TDG3QcI_juk/VoDn1HjkxGI/AAAAAAAAEDE/JIpm3hK929k/s320/memoriam.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-TDG3QcI_juk/VoDn1HjkxGI/AAAAAAAAEDE/JIpm3hK929k/s72-c/memoriam.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2015/12/7-cara-berbakti-kepada-orang-tua-yang.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2015/12/7-cara-berbakti-kepada-orang-tua-yang.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy