Kencan dengan Teman Perempuan, Bagaimana Hukumnya?

hukum kencan dengan perempuan

hukum kencan dengan perempuan
Pertanyaan :
Saya mendapatkan beberapa pertanyaan, saya harap Anda enggan menjawabnya. Hanya saja kami mengharapkan jawaban yang bukan tiruan sebagaimana yang saya baca pada Kitab-Kitab Ulama Salaf dan Kontemporer, akan tetapi kami mengharapkan jawaban seorang Ulama' yang faham tentang psikologi manusia dan bisa memberikan jalan keluar dari segenap problema yang banyak menimpa di zaman sekarang dengan kembali pada Ushul Islam dan selalu berusaha keras dengan Ijtihadnya Ulama Salaf serta penuturan Hukum-Hukum Islam yang cerdik dari mereka.

Saya mendapatkan pertanyaan begini :
Bolehkah saya berjalan berduaan dengan seorang teman perempuan yang dijumpai di jalan, kemudian kami pergi ke cafe untuk menghabiskan waktu dalam percakapan tentang urusan dunia?
Sedangkan antara saya dan dia tak mempunyai hubungan apapun dan saya tidak menjajikan untuk menikah dengannya kelak, tidak pula ada urusan utang-piutang?
Kemudian saya juga ditanya :
Apa hukumnya jika saya memilih seorang gadis yang menarik perhatian saya dengan cara berta'aruf dan saling mengenal lebih dalam sebelum kami menjalin hubungan. Karena pada kenyataannya, betapa banyak perempuan saat ini yang penipu. Saya hanya membawanya pergi ke beberapa tempat umum untuk membincangkan tentang hubungan kami kelak dan ke arah mana jadinya kehidupan rumah tangga kami jika Allah berkenan menghendaki ke Takdir tersebut?
Pertanyaan yang terakhir yang diajukan pada saya :
Apakah kebiasaan saya di masa-masa muda ketika melihat seorang gadis yang terlintas adalah tentang hubungan lawan jenis atau tentang seorang lelaki yang mungkin menjalin hubungan dengan salah seorang perempuan (teman kerja, teman dekat atau salah satu pejuang dakwah Islam) tanpa adanya lintasan untuk memiliki hubungan?

Sebenarnya saya telah menjajikan sekelompok pemuda yang saya ajari untuk mengirimkan anda pertanyaan-pertanyaan ini. Mereka sangat membutuhkan pengarahan Agama, Ilmu dan Kehidupan dari anda. Sedangkan sebagaimana diketahui bahwasannya masa muda itu tak melebihi 25 tahun.

Jawaban :
Rasulullah SAW bersabda:
((ماخلا رجل وامرأة إلا كان الشيطان ثالثهما))
"Tidaklah laki-laki dan perempuan berduan, melainkan Setan menjadi yang ketiganya".

Beliau juga bersabda :
((ما تركت بعدي فتنة أضر على الرجل من النساء))
"Tidaklah aku tinggalkan  fitnah (godaan)  setelahku yang lebih membahayakan bagi seorang lelaki melebihi dari fitnahnya wanita".

Allah SWT berfirman:
((إِنَّ النَّفسَ لَأَمَّارَةٌ بِالسُّوءِ))
"Sesungguhnya hawa nafsu itu memerintahkan keburukan"(QS. Yusuf: 53)

Saya sendiri secara pribadi akan merasa tidak tenang terhadap agama saya jika saya ditemani oleh seorang gadis sebagaimana contoh yang anda kemukakan. Tentunya anda harus berkata pada diri anda begitu juga dia tentang sebuah kegiatan yang mengarah pada keharaman. Bagaimana semestinya seorang pemuda di masa pubernya? Agar dia masuk ke jalan menuju pernikahan bukan dengan gambaran yang anda kemukakan, akan tetapi dengan mendatangi keluarganya kemudian melamarnya. Jika anda berkenan, temui dia di rumah keluarganya dengan pengawasan penuh dari sang ayah atau orang yang sepangkat dengan ayahnya. Sebab cara apapun yang ditempuh selain cara yang saya sebutkan adalah tidak baik akibatnya, sedangkan Islam memerintahkan kita untuk mengantisipasi hal-hal yang buruk.

Disadur dari Kitab "Mansyurat Ijtima'iyah" hal. 101, karya Dr. Muhammad Said Ramadhan Al-Buthi, cet. Dar El-Fikr Damaskus, th. 2008.
Alih Bahasa : Imam Abdullah El-Rashied, Mahasiswa Fakultas Syariah - Imam Shafie College, Hadramaut - Yaman.

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,100,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,1,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,8,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,50,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,2,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,54,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,23,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,1,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,60,Ustadz Menjawab,36,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Kencan dengan Teman Perempuan, Bagaimana Hukumnya?
Kencan dengan Teman Perempuan, Bagaimana Hukumnya?
hukum kencan dengan perempuan
http://2.bp.blogspot.com/-zaVNdISmuuY/Vk-3Q5PJAbI/AAAAAAAADqc/fHA6oTIvb7c/s320/keys.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-zaVNdISmuuY/Vk-3Q5PJAbI/AAAAAAAADqc/fHA6oTIvb7c/s72-c/keys.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2015/11/kencan-dengan-teman-perempuan-bagaimana.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2015/11/kencan-dengan-teman-perempuan-bagaimana.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy