Terlahir Kembali

baby born

baby born
Ada fenomena mutakhir, yang melanda semua agama: banyak yang kini tiba-tiba menemukan Tuhan dan kemudian serasa terlahir kembali di dunia ini. Ungkapan yang dulu biasa kita dengar selepas bulan Ramadan yaitu "bagai bayi yang tak berdosa" atau "kembali menjadi kertas putih" untuk menggambarkan kembalinya mereka pada fitrah kesucian diri, kini kita dapati istilah senada yaitu "reborn", "born again" atau "spiritual rebirth". 

Mereka adalah orang yang dulunya jauh dari Tuhan, tidak mengenal Tuhan atau merupakan pelaku dosa yang kemudian mendapat semacam kesadaran dan pencerahan untuk menemukan kembali jalan Tuhan. Islam mengenal mereka para pelaku kemaksiatan yang melakukan taubat nasuha. 

Sampai di sini tentu baik-baik saja. Namun sebagian dari mereka itu melangkah lebih jauh. Mereka kemudian mengubah penampilanhya menjadi sangat relijius. Dari satu titik ekstrem pindah ke titik ekstrem berikutnya. Yang tadinya berbaju minim tiba-tiba sekarang menutup rapat tubuhnya, wajahnya dan dua telapak tangannya; yang tadinya berpenampilan funky, tiba-tiba sekarang memakai celana cingkrang dan memelihara janggut. Tatapan matanya berubah menjadi kosong. Kalau dulu mereka merasa diri mereka tersesat, sekarang mereka merasa dunia ini yang sudah sesat. Kalau mereka dulu menyembah dunia, sekarang mereka menjauh dari dunia.

Timbul pula keinginan untuk berdakwah menyebarkan suka cita berita akan kelahiran kembali mereka. Sebagian dari mereka melangkah lebih jauh mendadak jadi ustadz atau ustadzah yang tidak hanya bercerita proses pertobatan mereka tapi juga sudah mulai memasuki wilayah problematika fiqh yang mereka sama sekali tidak punya pemahaman dasar soal itu.

Minimnya ilmu dan dibarengi dengan semangat dakwah yang meluap membuat para "bayi-bayi" yang terlahir kembali ini merasa diri mereka sudah suci dan kemudian mulai menghakimi sikap dan ibadah orang lain. Mereka hendak mendekati Tuhan dengan cara menjauhi manusia yang mereka anggap sudah tersesat seperti mereka dulu. Sedikit-sedikit haram. Semua ibadah sunnah mau diborong tuntas. Lambat laun mereka ternyata bukan kembali ke fitrah, mereka mengalami fitnah (ujian) tahap kedua. Dari kotor menjadi suci; dan kini dari suci menjadi memandang orang lain kotor.

Sebaik-baik urusan adalah yang dipertengahan. Begitu sabda Rasul yang Mulia. Kami membuat kalian sebagai umat yang tengah-tengah. Begitu firman Allah Swt.

watawashaw bil haq
watawashaw bis shabr
watawashaw bil marhamah

Bahkan di saat kita saling berwasiat akan kebenaran pun kita harus melakukannya dengan penuh kesabaran dan kasih sayang. Merasa benar saja tidak cukup. Kita harus pula bersabar. itupun harus tetap dibarengi dengan kasih sayang. 

Inilah ciri agama Islam yang disebut sebagai al-hanifiyah al-samhah. Agama yang lurus dan mudah. Lurus tauhidnya. Mudah syariatnya. Lurus jalannya. Mudah menjalaninya. 

“Dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama ini suatu kesempitan." (al-Hajj: 78). Yang merasa sempit, akan terasa sesak. Yang merasa lapang, akan terasa mudah. Makanya kalau mau sholat jangan pakai celana yg kesempitan, pakailah sarung; jangan pakai baju yang kesempitan, pakailah mukena. Enak kannn 

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (al-Baqarah: 286). Yang hidup dan ibadahnya merasa terbebani melebihi kemampuannya akan mengalami kepayahan. Namun yang menjalani hidup dan ibadah dengan tahu batas, tahu ukuran dan tahu beban akan sanggup menjalaninya dengan penuh sabar dan rasa syukur.

Maka mereka yang menemukan kembali Tuhan dan merasa terlahir kembali menjadi bayi yang suci bersih, maka jalanilah hidup dengan kesabaran, kelemahlembutan, kasih sayang, serta lucu dan menggemaskan. Jangan masih "bayi" sudah mau ceramah dan menuding orang lain salah dan sesat yah  Itu sih namanya lugu dan mengenaskan!
oleh Nadirsyah Hosen

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,99,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,1,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,8,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,50,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,2,Kabar Islam,156,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,39,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,54,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,23,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,1,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,60,Ustadz Menjawab,36,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Terlahir Kembali
Terlahir Kembali
baby born
http://2.bp.blogspot.com/-spnlsPYiHL4/VhfeV_4-QWI/AAAAAAAADmI/9xG7y0tG-d8/s320/newborn.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-spnlsPYiHL4/VhfeV_4-QWI/AAAAAAAADmI/9xG7y0tG-d8/s72-c/newborn.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2015/10/terlahir-kembali.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2015/10/terlahir-kembali.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy