Qurban yang Jadi Korban

Tulisanmu - Banyak sudah kosa kata Arab yang diserap dalam bahasa Indonesia. Dari sekian proses penyerapan itu muncul beberapa perubaha...

berqurban
Tulisanmu - Banyak sudah kosa kata Arab yang diserap dalam bahasa Indonesia. Dari sekian proses penyerapan itu muncul beberapa perubahan makna akibat kesalahpahaman. Qurban yang berasal dari akar kata q-r-b artinya menghampiri, mendekati atau dekat. Kawan dekat disebut sobat karib. Keluarga dekat disebut kerabat. Ibadah udhhiyah atau penyembelihan hewan di waktu dhuha pada 10 Zulhijah kemudian disebut ibadah qurban. Boleh jadi ini terpengaruh tradisi Islam Persia yang masuk ke tanah air. dan menyebut 10 Zulhijah sebagai Ied Qurban. Kita menyebutnya kini dengan idul kurban, idul adha atau hari raya/lebaran haji.

Qurban sendiri artinya lebih luas, yaitu segala sesuatu yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allah baik berupa penyembelihan hewan yang mengikuti tradisi Nabi Ibrahim ataupun ibadah lainnya. Pergeseran makna terjadi karena ibadah Qurban identik dengan hewan yang disembelih maka muncul kosa kata baru dalam bahasa Indonesia: korban. Dari mulai korban tabrak lari, sampai seseorang yang merasa dikorbankan hidupnya oleh penguasa. Qurban yang bermakna positif mendekati allah (taqarrub ila Allah) berubah menjadi "korban" yang bermakna negatif lengkap dengan segala penderitaannya.

Perkara mendekati Allah sebetulnya bukan perkara sepele, dan tidak terbatas hanya pada 10 Zulhijah saja. Tapi peristiwa Nabi Ibrahim dengan putranya, Nabi Ismail, menyiratkan satu hal penting bagi penempuh laku spiritual: mengorbankan apa yang kita miliki sebagai jalan mendekati Allah. Mereka yang masih merasa memiliki belum masuk kategori faqir. Mereka yang merasa hebat, belum masuk pada kondisi kehinaan. Mereka yang merasa mampu, belum mengalami situasi ketakberdayaan, dan mereka yang masih mengandalkan kekuatannya belum memahami kelemahan dirinya. Semua ibadah dari mulai berdoa sampai pergi naik haji adalah latihan untuk mengorbankan diri kita sedemikian rupa demi mendekat padaNya. Inilah maqam tertinggi sebagai hamba Allah. Selamanya hamba itu akan patuh pada Tuhannya.

Siapa yang berada pada kondisi faqir (serba kekurangan), hanya berharap akan Allah beri. Siapa yang sudah mengalami penghinaan akan memahami hanya Allah yang mampu memberi kemuliaan. Siapa yang disudutkan kehidupan hingga lumpuh tak berdaya akan tahu makna la hawla wa la quwwata illa billah (tiada daya dan kekuatan kecuali dengan ijin Allah). Siapa yang dijauhi manusia akan sadar bahwa hanya bersama Allah saja dia akan merasa tentram. Siapa yang menyadari kelemahan dirinya akan tahu bahwa pusat kekuatan langit dan bumi itu berada di tangan Allah. Tak ada keajaiban atau kegaiban, yang mereka lihat melulu hanya aib mereka sendiri di depan Kemahasucian Allah. Mereka tak ingin yang lain. Mereka menjadi sebenar-benarnya hamba.

Emha Ainun Najib mengingatkan kita semua "resiko dan konsekuensi" hendak mendekati Allah dengan mengorbankan apa yang kita miliki, seperti Nabi Ibrahim yang diminta menyerahkan sesuatu yang sangat berharga dan amat ia sayangi: Nabi Ismail!

Berikut petikan Syair dari Cak Nun:
Jangan dekat-dekat kepada Tuhan
Nanti engkau dicintai oleh-Nya dan disembunyikan
Mungkin malah ditabiri dengan hijab kehinaan
Diberi pakaian kumuh dan penuh kerendahan
Sehingga dunia mentertawakanmu dan meremehkan

Jangan dekat-dekat kepada Tuhan
Nanti engkau tidak populer dan dikepung salah paham
Kau disangka timur oleh barat, dituduh utara oleh selatan
Kalau berjasa engkau tak memperoleh pujian
Karena Tuhan menyimpan pialamu di lubuk yang dirahasiakan

Jangan dekat-dekat kepada Tuhan
Sebab itu membuatmu berpikir dan menilai ulang
Segala sesuatu yang sudah baku di dalam hidupmu
Untung rugi, rejeki bencana, penting tak penting
Harus kau bongkar dan membangunnya kembali

Jangan dekat-dekat kepada Tuhan
Demi karier duniamu jangan dekat-dekat kepada-Nya
Atau tunggangi dan manfaatkan saja kekuasaan-Nya
Dengan berdoa naik pangkat dan bertambah kaya
Minta kemenangan untuk menguasai harta benda

Jangan dekat-dekat kepada Tuhan
Kau akan mutlak terserap oleh supra-dimensi
Para makhluk tak sanggup menatapmu
Bumi takkan mampu menemukanmu
Sehingga pun dunia tak menghormatimu

Jangan dekat-dekat kepada Tuhan
Sebab tak ada yang melebihi-Nya dalam hal dikhianati
Tapi Ia Maha Sabar dari zaman ke zaman diingkari
Kuatkah engkau berada di maqam itu
Terus menerus didera khianat dan ingkar oleh sesamamu

Jangan dekat-dekat kepada Tuhan
Sebab ia menciptakanmu tanpa kepentingan
Ia mengasuhmu tanpa meminta imbalan
Sedangkan hidupmu adalah kepentingan
Dan setiap langkahmu mendambakan imbalan

Jangan dekat-dekat kepada Tuhan
Kecuali kau tangguh memanggul ujian
Jika dunia yang kau genggam dan kau eman-eman
Direbut oleh-Nya, dibanting, dicampakkan, disirnakan
Apakah engkau rela, atau merasa itu derita

Jangan dekat-dekat kepada Tuhan
Kecuali engkau ridha kehilangan dunia
Kecuali engkau ikhlas kehilangan dirimu sendiri
Hilang dari yang dinamakan kehidupan
Dirimu sendiri hilang dari dirimu sendiri
----
Kawan,
itulah inti dari Qurban. Mendekati Allah sepenuh hati dan bersedia menerima semua resiko dan konsekuensinya. Jalan menuju Allah ini memang jalan yang lurus tapi dalam perjalanan itu Allah akan menanggalkan satu persatu semua yang bisa menghalangi kita untuk fokus padaNya. Pengorbanan diri untuk ber-Qurban.
God, I said I'd give you everything that I have
But who thought you'd take it all?
‪#‎kontrakhidup‬

Al faqir wal haqir,
Prof. H. Nadirsyah Hosen, Ph.D

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,100,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,2,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,10,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,51,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,3,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,55,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,25,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,2,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,61,Ustadz Menjawab,37,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Qurban yang Jadi Korban
Qurban yang Jadi Korban
http://3.bp.blogspot.com/-0rkvxbgufdw/Vf_R-f0BwPI/AAAAAAAADXc/kmk0PHuFQOs/s320/berqurban.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-0rkvxbgufdw/Vf_R-f0BwPI/AAAAAAAADXc/kmk0PHuFQOs/s72-c/berqurban.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2015/09/qurban-yang-jadi-korban.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2015/09/qurban-yang-jadi-korban.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy