Patungan Dana 9 Milyar, Masjid Ini Kokoh Berdiri di Indiana

Kabar Islam - Dari sebuah rumah sederhana, akhirnya sejak dua tahun yang lalu, komunitas Muslim di Indiana, Pennsylvania memiliki sebua...

Kabar Islam - Dari sebuah rumah sederhana, akhirnya sejak dua tahun yang lalu, komunitas Muslim di Indiana, Pennsylvania memiliki sebuah masjid. Masjid di kota kecil berpenduduk hanya sekitar 15 ribu jiwa ini diberi nama “Islamic Center of Indiana Pennsylvania” atau ICIPA.

“Waktu saya baru datang, organisasi Muslim baru didirikan sekitar 3 tahun. Sejak itu kita berusaha untuk mencari tempat untuk membangun masjid yang baru,” kata Kustim Wibowo, dosen manajemen sistem informasi di Universitas Indiana, dan satu-satunya warga Indonesia yang aktif sebagai pengurus masjid.

Kustim menambahkan, banyak sumbangan yang diterima untuk pembangunan masjid Islamic Center of Indiana Pennsylvania ini. “Kalau ditanya siapa aja yang sumbang, darimana saja, udah lupa, saking banyaknya, Alhamdullilah,” katanya.
Kustim juga mengatakan pembangunan masjid ini hampir tidak menemui kendala, baik dalam hal perijinan, maupun dari masyarakat sekitar.

“Secara budaya, mereka (masyarakat di sini) orangnya terbuka, mereka bisa menerima apa saja, sepanjang tidak mengganggu. Ya sama dengan Muslim, agamamu, agamamu, agamaku, agamaku, nah begitu juga orang Amerika.,” tambahnya lagi.

Perjuangan selama hampir 15 tahun mengumpulkan dana untuk membangun masjid yang menelan biaya sebesar 650 ribu dolar atau sekitar 9 milyar rupiah ini membuahkan hasil manis. Seperti diakui Ahmed Karam Yousouf, kandidat Doktor di bidang media komunikasi dan teknologi instruksi yang juga ketua asosiasi mahasiswa Muslim di Universitas Indiana, Pennsylvania.

“Ini adalah tempat kita (umat Muslim) bertemu dan menjalankan ritual keagamaan, seperti berdoa dan lain sebagainya. Namun masjid ini juga punya fungsi sosial. Di masjid ini mahasiswa Muslim datang dan bisa berbagi pengalaman mereka. Tempat ini sangat penting bagi kami dan identitas kami sebagai Muslim,” kata Ahmed yang berasal dari Mesir.
Kebanyakan jemaah masjid ini adalah Muslim asal Timur Tengah dan Asia Selatan, termasuk mahasiswa di Universitas Indiana yang banyak mendukung pendanaannya.

Keberadaan masjid ICIPA memberikan perasaan lega bagi sekitar 300 warga Muslim internasional dan keluarganya yang datang belajar ke Indiana.

“Saya tahu beberapa siswa termasuk saya, ketika memilih universitas, mereka juga mempertimbangkan apakah kota tempat universitas berada memiliki masjid atau tidak. Karena ketika datang ke negara seperti Amerika dari negara Islam, kita tahu bahwa kita minoritas. Jadi kita harus mencari tahu apakah di tempat kita belajar nanti kita tetap bisa menjalankan ibadah,” tambah Ahmed.
Kehadiran masjid ini juga membuat ibadah warga Indiana di bulan Ramadan berjalan semakin khusuk dan penuh dengan suasana kekeluargaan.

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,99,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,1,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,8,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,50,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,2,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,54,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,23,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,1,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,60,Ustadz Menjawab,36,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Patungan Dana 9 Milyar, Masjid Ini Kokoh Berdiri di Indiana
Patungan Dana 9 Milyar, Masjid Ini Kokoh Berdiri di Indiana
http://4.bp.blogspot.com/-7Ztr5VFDxIs/VaTZniesQaI/AAAAAAAADCY/7WUreEzSqUM/s320/5.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-7Ztr5VFDxIs/VaTZniesQaI/AAAAAAAADCY/7WUreEzSqUM/s72-c/5.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2015/07/patungan-dana-9-milyar-masjid-ini-kokoh.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2015/07/patungan-dana-9-milyar-masjid-ini-kokoh.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy