5 Jurus Ampuh Ketika Kamu Ditanya Kapan Nikah Saat Lebaran

Remaja Ceria - Pertemuan kerabat kala lebaran tidak hanya menjanjikan kebahagiaan. Di balik itu, terdapat ketakutan yang muncul, khusus...

Remaja Ceria - Pertemuan kerabat kala lebaran tidak hanya menjanjikan kebahagiaan. Di balik itu, terdapat ketakutan yang muncul, khususnya bagi penganut paham single-tapi-bahagia (meski alasan klise), jones (jomblo ngenes), joker (jomblo keren-kalo keren kenapa jomblo?), ijo lumut (ikatan jomblo lucu dan imut-singkatan jadul banget), jojoba (jomblo-jomblo bahagia-yakin bahagia?), jonatan (jomblo namun tampan-lagi, kalau tampan kenapa jomblo?), jordi onsu (adeknya ruben onsu), dan lain-lain.  Alasannya, apalagi kalau bukan bombardir pertanyaan menyeramkan. Bukan, bukan, bukan pertanyaan “Kamu pernah lewat kuburan angker, nggak?”, tapi pertanyaan soal kapan kalian siap me-ni-kah. Apa? Aduh, aku gak bisa baca. Apa itu menikah? Arghhhhh…

Tenang, tenang, jangan gegabah. Jangan dulu kalian memutuskan kabur keluar negeri dan mengganti identitas dengan memakai jenggot dan rambut palsu. Sejujurnya, penulis tulisan ini pun sedang menghadapi ketakutan yang sama, terlebih karena ada saudara atau kerabat seumuran yang sebentar lagi mau menikah. Pasti nanti timbul pertanyaan, “Sepupu kamu mau nikah tahun ini, kamu kapan nyusul?”, dan seterusnya. Apalagi jika kalian adalah anak terakhir di keluarga yang belum menikah, atau justru anak pertama yang membuat orang tua mengatakan kalimat pamungkas, “Aduh, Mama sudah pengen gendong cucu, deh. Tapi, cucunya dari kamu.” Arghhhhh…

Budaya. Ya, mungkin karena ini sudah jadi budaya. Lebaran yang jadi ajang berkumpulnya keluarga setelah sekian lama tidak bertemu akan membuat tiap anggota keluarga ingin tahu update dari anggota keluarga lain. Mayoritas anggota keluarga yang sudah memiliki pasangan dan anak akan membuat obrolan mereka tidak jauh-jauh dari soal keluarga; anak sudah berapalah, suami sekarang kerja di mana, kemarin si sulung dapat rangking berapa, dan lain-lain. Kalian, sebagai kaum dengan usia ranum-ranumnya, tentu akan kena imbasnya. Ketika kumpul bersama teman pun tidak menjamin kalian selamat dari pertanyaan seram ini. Kembali lagi, itu karena usia kalian memang sudah pantas menikah. Tapi, bagaimana kalau belum ada jodohnya? Bagaimana kalau masih ingin berkarya? Bagaimana kalau masih ingin menikmati hidup sendiri? Buat yang sudah kebal dan tahu arah hidupnya ke mana, pertanyaan ini tentu tidak akan menelan korban. Nah, buat kalian yang masih takut ditanya kapan nikah, berikut ada beberapa jawaban yang bisa kalian lontarkan ketika lebaran nanti. Risiko tanggung masing-masing, ya...

Kapan Nikah? | "Kalau nggak Sabtu, ya, Minggu"
Ide ini pernah dicetuskan oleh seorang penulis buku komedi sebagai solusi atas pertanyaan kapan nikah. Menikah memang sebaiknya Sabtu atau Minggu, kan. Biar semua yang diundang bisa datang tanpa alasan sedang kerja atau kuliah. Kecuali, kalian ingin menghemat katering dengan meminimalkan jumlah tamu yang bisa datang, maka adakan pernikahan di tengah minggu, misalnya hari Rabu, tapi bukan jam makan siang. Kalau mau lebih hemat lagi, adakan pernikahan pas bulan Ramadan (Kok, nggak modal banget, ya). 

Kapan Nikah? | “Nanti, kalau nggak hujan.”
Masih ide dari penulis komedi yang sama. Kasih jawaban ini kalau ditanya kapan nikah. Hujan adalah hari atau musim yang kurang tepat untuk melangsungkan pernikahan. Bahkan, orang dulu percaya pada hal-hal klenik untuk menghalau hujan saat hari pernikahan, mulai dari menancapkan tusuk sate berisi cabe, bawang, dan tomat ke tanah, atau melempar celana ke atas genteng rumah. Kita nggak kan? Jangan lah ya, sayang celana dan cabenya, harga celana dan cabe lagi mahal apa lagi udah mau lebaran. 

Kapan nikah? | “Cuma nanya? Nggak mau nyumbang?”
Nah, ini, nih. Salah satu yang memberatkan bagi mereka yang ingin menikah adalah soal budget. Bukan hal yang asing bahwa pernikahan di negara kita tergolong menghabiskan banyak biaya. Mulai dari akad, urusan penghulu dan KUA, hingga resepsi. Kebiasaan menggelar perayaan besar-besaran agar banyak orang yang bisa datang telah mengakar, alasannya, sih, biar banyak yang mendoakan. Belum lagi jika orang tua memiliki banyak kenalan dan saudara yang kalian sendiri mungkin tidak kenal. Kalian juga tidak bisa mengadakan pernikahan hanya sesuai format kemauan kalian saja. Terkadang, justru pernikahan yang diadakan adalah format keinginan keluarga besar. 

Kapan nikah? | Memang kalau aku undang, kamu ada partner buat datang ke penikahanku?”
Ini jawaban ampuh untuk teman atau anggota keluarga yang masih sama-sama jomblo. Pertanyaan balik yang cukup menyedihkan juga. Bisa jadi, setelah dijawab seperti ini, teman/saudara kamu akan berhenti bertanya karena dia sudah kabur ke negara lain ganti identitas. Bye.. bye.. 

Kapan nikah? | “Aku masih ingin memperbaiki diri. Kelak aku akan menjadi istri yang patuh dan ibu yang jadi tauladan bagi anak-anaknya.”
Ini adalah jawaban terbijaksana dan masuk di akal. Wanita memang ditakdirkan menjadi pengurus keluarga yang multitasking, juga menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya kelak. Memperbaiki diri adalah inti utama sebelum memikirkan jodoh. Setelah kalian sibuk memperbaiki dan mempersiapkan diri, Insha Allah jodoh itu akan datang dan siap memilikimu. Dengan mempersiapkan diri juga, kelak kalian tidak akan kaget lagi begitu mengarungi kehidupan baru; rumah tangga.

Jadi, jangan takut lagi bertemu saudara dan teman-teman kala lebaran nanti, ya. Toh, ini memang sudah jadi siklus yang terjadi pada usia muda siap menikah. Memang pernikahan dan memiliki anak bukanlah satu-satunya pencapaian yang membuat kalian terlihat lebih maju dan sukses dibanding yang lain. Peer pressure atau tekanan rekan sebaya (yang sudah menikah) juga bisa membuat stres. Jangan jadikan kebahagiaan orang lain sebagai patokan kebahagiaan kalian juga. Jika memang belum siap, atau masih ingin berkarya, jadilah diri sendiri. Siapkan diri menghadapi pertanyaan seram ini, ya. Dan yang lebih penting, siapkan diri kalian menanti jodoh yang sudah digariskan di Lauhul Mahfudz-Nya. (/nvb/abiumi)

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,100,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,2,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,10,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,51,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,3,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,55,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,25,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,2,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,61,Ustadz Menjawab,37,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: 5 Jurus Ampuh Ketika Kamu Ditanya Kapan Nikah Saat Lebaran
5 Jurus Ampuh Ketika Kamu Ditanya Kapan Nikah Saat Lebaran
http://4.bp.blogspot.com/-JCvzl7C5jco/VaUswSsAdXI/AAAAAAAADDM/jz2DB44CZWw/s320/1.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-JCvzl7C5jco/VaUswSsAdXI/AAAAAAAADDM/jz2DB44CZWw/s72-c/1.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2015/07/5-jurus-ampuh-ketika-kamu-ditanya-kapan.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2015/07/5-jurus-ampuh-ketika-kamu-ditanya-kapan.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy