Syariat Islam Tak Halangi Smart City di Banda Aceh

Kabar Islam - Tak bisa dipungkiri penerapan syariat Islam masih dipandang negatif dengan sederet stigma miring. Mulai dari dinilai mela...

Kabar Islam - Tak bisa dipungkiri penerapan syariat Islam masih dipandang negatif dengan sederet stigma miring. Mulai dari dinilai melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) hingga tak bisa mengikuti perkembangan jaman.

Namun hal tersebut coba ditampik Walikota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal. Ia beserta jajarannya tengah menyulap Kota Serambi Mekah menjadi Islamic Smart City. 

"Islam seakan tidak bisa membuat kita lebih maju, berinovasi apalagi berbasis ICT. Tapi syariat Islam ternyata dapat menyesuaikan dengan jamannya," ujar Illiza saat dijumpai detikINET di forum Perkotaan Transformasi pada 8 Juni lalu.

"Banda Aceh kini menjadi kota yang mudah Free WiFi. Tak hanya di warung-warung kopi, tapi dapat ditemui di taman-taman kota, perkantoran hingga masjid. Semuanya tersedia WiFi gratis," lanjutnya.

Dikatakan Illiza, awalnya Banda Aceh disiapkan menjadi Cyber City namun kini diubah menjadi Smart City. Tentu saja konsep Smart yang digunakan mengacu pada tatanan Islam. 

"Smart menurut kami seperti diamanatkan oleh Rasullullah yakni orang yang pintar adalah mereka yang ingat mati dan memiliki persiapan terbaik untuk menyambut apa yang terjadi sesudahnya. Dan ini (smart city) bagian dari ibadah kami untuk mempersiapkan pertemuan dengan Allah," jelas perempuan yang berusia 41 tahun ini. 

Karena itu, kata Illiza, pemanfaatan ICT juga diimplementasikan pada percepatan reformasi birokrasi untuk meningkatakan pelayanan kepada masyarakat. Saat ini pihaknya telah menerapkan smart government lewat e-kinerja dan e-disiplin

"Kami diamanahkan untuk bisa menghitung beban dan prestasi kerja. Nah, semua tidak bisa dihitung jika tidak terukur dengan baik. Maka kami membuat aplikasi e-kinerja untuk meningkatkan pengawasan dan penilaian kinerja serta e-displin untuk kedisplinan pegawai," jelasnya. 

e-kinerja sudah dilaksanakan sejak 2012 sebagai pilot project. Barulah 2013 mulai diterapkan pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Banda Aceh. Lewat aplikasi ini siapapun dapat melihat secara realtime apa yang Pemkot kerjakan dan progresnya sudah sejauh mana.

Kata Illiza, awal penerapan e-kinerja cukup ditakuti, pasalnya tidak semua pegawai paham teknologi. Tapi karena e-kinerja dibuat dengan pengoperasian yang gampang dan bahkan bisa diakses lewat ponsel. Alhasil, semua pegawai Pemkot Banda Aceh dapat memakai e-kinerja dengan mudah. "Alhamdulillah sekarang tidak ada pegawai yang gaptek," ujarnya.

Sementara e-displin sendiri dibuat guna membangun kedisplinan pegawai seperti yang diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah No. 54/2010. Dengan aplikasi ini, kata Illiza, tidak hanya mengukur prestasi pegawai tapi juga pemberian sanksi. 

"Staff yang tidak masuk tanpa izin bisa langsung mendapat sanksi. Kalo dalam SKPD banyak yang tidak disiplin. Maka yang akan diberhentikan adalah pimpinannya. Karena pasti ia tidak uswatun hasanah," pungkas ibu empat anak ini.

Sumber : detik

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,100,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,1,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,8,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,50,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,2,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,54,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,23,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,1,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,60,Ustadz Menjawab,36,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Syariat Islam Tak Halangi Smart City di Banda Aceh
Syariat Islam Tak Halangi Smart City di Banda Aceh
http://4.bp.blogspot.com/-7SAxMvlhZbQ/VYrLgjMp6iI/AAAAAAAAC8I/l9VNbHwxugQ/s320/masjid-raya-aceh.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-7SAxMvlhZbQ/VYrLgjMp6iI/AAAAAAAAC8I/l9VNbHwxugQ/s72-c/masjid-raya-aceh.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2015/06/syariat-islam-tak-halangi-smart-city-di.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2015/06/syariat-islam-tak-halangi-smart-city-di.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy