Kamu Tidur Habis Sahur ?? Awas Lima Penyakit Ini Siap Mengintai

Info Keren - Hampir kebanyakan orang setelah sahur  akan melanjutkan tidurnya kembali, karena memang sangat menggoda dan terasa lebih n...

Info Keren - Hampir kebanyakan orang setelah sahur  akan melanjutkan tidurnya kembali, karena memang sangat menggoda dan terasa lebih nikmat ketika kita dalam keadaan kenyang, mata masih mengantuk, apalagi udara di luar masih dingin, lengkaplah sudah untuk mendukung aktivitas tidur kita. 
Tapi tahukah Anda bahwa tidur setelah makan (dalam hal ini sahur karena kita sedang berada di bulan suci Ramadhan) sangat berbahaya bagi kesehatan kita? Puasa yang seharusnya membuat kita sehat tetapi dengan pola kebiasaan baru kita yang salah, malah akan merusak tubuh kita sendiri dan menambah penyakit. 
Padahal Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wassalam sudah mencontohkan.  Nabi  Muhammad shollallahu ‘alaihi wassalam  tidak langsung tidur setelah makan, namun beliau lebih banyak untuk beraktivitas seperti berdizikir sekaligus menunggu aktivitas sholat subuh. Rasulullah SAW bersabda, "Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras. "(HR Abu Nu'aim dari Aisyah r.a.). 
Lantas, bagaimana dalam segi medis memandang hal ini ?.
Yaa, efek negatif yang dapat timbul baik yang dapat dirasakan langsung ataupun jangka panjang pada mereka yang seringkali melakukan kebiasan tidur setelah sahur diantaranya adalah sebagai berikut : 

1.Peningkatan Asam Lambung 
Terutama bagi anda yang memiliki riwayat sakit maag, sebaiknya anda mulai berpikir untuk menghindari kebiasaan tidur setelah sahur.  Karena kondisi ini dapat memicu meningkatnya kadar asam lambung anda sehingga menyebabkan sakit maag anda kambuh yang pada akhirnya menyebabkan sensasi nyeri disekitar ulu hati hingga dapat menyebabkan sensasi rasa panas/terbakar didada. 

2.Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) / Refluks Asam 
Refluks asam terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan tidak menutup sepanjang jalan. Hal ini dapat menyebabkan makanan yang  belum sempurna dicerna dapat berbalik dari lambung ke kerongkongan hal ini dipengaruhi juga oleh pengaruh gravitasi saat kita tidur. Jika terjadi refluks maka asam lambung akan naik dan dapat melukai kerongkongan, dan jika sampai melukai bagian kerongkongan tersebut maka dapat menimbulkan rasa terbakar dan mulut akan terasa pahit yang  membuat rasa tidak nyaman selama kita berpuasa. 

3.Gangguan Saluran pencernaan 
Tidak hanya gangguan pada lambung, namun tidur setelah sahur juga dapat mempengaruhi kesehatan saluran pencernaan kita yang lain. Normalnya pengosongan lambung manusia berlangsung sekitar dua jam setelah makan, tapi jika kita tidur dalam posisi berbaring setelah makan hal ini akan menggangu proses pengosongan lambung tersebut.  Jika hal ini terus menerus terjadi maka gangguan pencernaan seperti diare ataupun  sembelit dapat terjadi tergantung bahan makanan apa yang masuk ke dalam perut kita. 

4.Penimbunan lemak 
Bagi seseorang yang berpotensi atau memiliki riwayat keturunan keluarga gemuk, kebiasaan tidur setelah makan sahur dapat makin meningkatkan resiko mengalami kegemukkan sebesar 2 x lipat. Hal ini disebabkan karena saat kita tidur otomatis tubuh hanya membutuhkan sedikit energi sehingga makanan tidak akan dicerna menjadi kebutuhan energi dan sari-sari makanan yang diperlukan oleh tubuh melainkan lebih banyak akan ditimbun menjadi lemak sehingga berisiko mengalami obesitas/kegemukan. 

5.Stroke 
Langsung tidur setelah makan juga dapat meningkatkan peluang untuk mengalami stroke, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Ioannina Medical School di Yunani. Penelitian yang difokuskan pada 500 orang sehat, menemukan bahwa orang yang menunggu paling lama antara makan dan tidur berada di risiko terendah mengalami stroke. 
Kenapa tidur setelah makan bisa menyebabkan stroke? Ada dua teori yang bisa menjelaskan hasil penelitian ini. Pertama, stroke bisa terjadi disebabkan oleh kerasnya kerja sistem pencernaan kita yang berdampak pada meningkatnya tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol yang nantinya bisa memicu terjadinya stroke. Teori kedua mengemukakan, refluks asam yang terjadi bila kita segera tidur setelah makan mungkin meningkatkan terjadinya apnea tidur atau nafas terhenti selama tidur yang bisa menyebabkan serangan stroke. 
Nahh,… Dari dampak negatif yang dipaparkan  diatas, agar hal itu tidak terjadi pada kita sekalian, ada baiknya jika memang kita tidak langsung tidur setelah sehabis sahur agar makanan dapat dicerna tubuh dengan baik dan kesehatan selama menjalankan puasa pun terjaga serta kita bebas dari gangguan atau penyakit yang serius. Semoga bermanfaat.

Penyusun : dr. Rizky Amelia  di kutip dari udoctor

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,100,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,1,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,9,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,51,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,2,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,55,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,25,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,2,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,61,Ustadz Menjawab,37,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Kamu Tidur Habis Sahur ?? Awas Lima Penyakit Ini Siap Mengintai
Kamu Tidur Habis Sahur ?? Awas Lima Penyakit Ini Siap Mengintai
http://1.bp.blogspot.com/-pPEDvkNqlJA/VYnnLsCdyEI/AAAAAAAAC70/iQTjfaR6nPU/s320/tidur%2Bhabis%2Bsahur.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-pPEDvkNqlJA/VYnnLsCdyEI/AAAAAAAAC70/iQTjfaR6nPU/s72-c/tidur%2Bhabis%2Bsahur.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2015/06/kamu-tidur-habis-sahur-awas-lima.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2015/06/kamu-tidur-habis-sahur-awas-lima.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy