Ilmu yang Menyinari

Saudaraku, apa yang harus kita lakukan agar ilmu bermanfaat ? Bagaimanakah agar ilmu dapat menjadi penerang kehidupan? Dalam kitab Al ...


Saudaraku, apa yang harus kita lakukan agar ilmu bermanfaat ? Bagaimanakah agar ilmu dapat menjadi penerang kehidupan? Dalam kitab Al Hikam, Syaikh Ibnu Atho’illah menuliskan, “Ilmu yang berguna (bermanfaat) itu ialah ilmu yang dapat menjadikan orang mengenal Alloh beserta sifat dan asma-Nya.”
Alloh Swt. berfirman di dalam Al Quran, “..Sesungguhnya yang takut kepada Alloh di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Alloh Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Faathir [35] : 28)
Para ahli tafsir menerangkan bahwa yang dimaksud dengan “ulama” pada ayat ini adalah orang-orang yang menyibukkan dirinya pada aktifitas belajar dan menuntut ilmu kapanpun dan dimanapun. Kemudian, bertekad mengamalkan ilmunya itu, serta menyampaikan dan mengajarkannya sehingga manfaat dari ilmu tersebut menjadi lebih banyak dan lebih luas. Inilah yang disebut dengan keberkahan ilmu.
Saudaraku, ketahuilah untuk benar-benar merasa takut kepada Alloh, untuk mencapai derajat ma’rifat dan dekat dengan-Nya, seseorang tidak selalu harus berilmu banyak. Karena setiap orang berbeda-beda kadar kemampuannya. Maka, tidak usah merasa rendah diri dengan ilmu yang sedikit. Ada orang yang dengan sedikit ilmunya, ia mentafakurinya secara dalam sehingga ia sampai kepada keyakinan yang kuat kepada Alloh Swt.
Kalau kita bertanya, apakah mungkin kita yang berilmu sangat sedikit ini akan mencapai derajat ma’rifat? Jawabannya, mengapa tidak. Karena sesungguhnya setiap orang yang memiliki ilmu sebanyak apapun, itu hakikatnya adalah setitik pemberian dari samudera ilmu Alloh yang tiada terhingga luasnya.
Orang yang tulus ikhlas dengan ilmunya walau hanya bekerja sebagai guru TK misalnya, ia tidak akan takut disebut bodoh karena ia sadar dan yakin bahwa ilmunya yang sedikit itupun semata-mata karunia dari Alloh dan merupakan amanah untuk disampaikan kepada orang lain. Maka, ia akan menjadikan ilmu yang sedikit itu sebagai bekal untuk mendekatkan diri kepada Alloh.
Karenanya, berkah atau tidaknya ilmu seseorang, sangat bergantung pada ketulusan dan  keikhlasannya untuk menyampaikan atau mengajarkannya kepada orang lain. Karena justru dengan ketulusan dan keikhlasannyalah suatu ilmu dapat menjadi penerang, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.

Saudaraku, ingatlah ilmu yang tidak diamalkan, tidak disampaikan, tidak diajarkan, adalah ibarat pohon yang tidak berbuah. Oleh karena itu, marilah kita bertekad untuk menjadi manusia-manusia berilmu, yang dengan ilmunya itu bisa menjadi manfaat dan memberikan inspirasi bagi orang lain dan lingkungannya. Amalkanlah, sampaikanlah, ajarkanlah ilmu yang kita miliki meski sedikit. Ilmu yang sedikit akan jauh lebih bernilai jika diamalkan, disampaikan dan diajarkan. In syaa Alloh![]

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,100,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,2,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,10,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,51,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,3,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,55,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,25,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,2,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,61,Ustadz Menjawab,37,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Ilmu yang Menyinari
Ilmu yang Menyinari
http://4.bp.blogspot.com/-nSjSPde9k2M/VVKdkPTvdZI/AAAAAAAACwU/16-qFjtmK7U/s320/aagym-ilmu-yang-menyinari.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-nSjSPde9k2M/VVKdkPTvdZI/AAAAAAAACwU/16-qFjtmK7U/s72-c/aagym-ilmu-yang-menyinari.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2015/05/ilmu-yang-menyinari.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2015/05/ilmu-yang-menyinari.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy