Tentang Haji : BPIH Turun, Ini Penjelasan Detailnya

Kabar Islam (IMS_NETTV) - Pemerintah melalui Kementerian Agama bersama DPR telah menyepakati B...


Kabar Islam (IMS_NETTV) - Pemerintah melalui Kementerian Agama bersama DPR telah menyepakati Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1436H/2015M rata-rata sebesar USD2.717. Biaya ini turun USD502 dibandingkan dengan BPIH tahun sebelumnya yang rata-rata adalah USD3.219. 

Dimintai penjelasan tentang turunnya BPIH ini, Menag menjelaskan bahwa rute penerbangan jamaah haji tahun ini bisa lebih efisien. Menurutnya, kalau tahun-tahun sebelumnya jamaah haji gelombang pertama dari Indonesia harus ke Jeddah terlebih dahulu untuk kemudian diangkut dengan transportasi darat menuju Madinah, tahun ini bisa langsung mendarat di Madinah.

“Dulu harus ke Jeddah, lalu dengan transportasi darat menuju Madinah. Kembalinya dari Madinah juga ke Jedah bahkan harus bermalam di Jeddah baru ke Tanah Air. Sekarang dari Indonesia bisa langsung ke Madinah. Pulangnya juga dari Madinah bisa langsung ke Tanah Air sehingga tidak perlu menginap di Jeddah,” demikian dijelaskan Menag dalam kesempatan live talkshow di salah satu TV swasta nasional, Rabu (29/04) pagi.

“(dengan demikian), Transportasi darat, biaya katering, biaya penginapan atau transito bisa dihemat,” tambahnya.

Meski BPIH turun, Menag menegaskan bahwa Kementerian Agama terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kepada jamaah. Pemondokan di Makkah misalnya, meski dari sisi jarak relative menjauh karena efek perluasan Masjidil Haram, Menag memastikan kualitas pemondokannya setara dengan hotel bintang 3 atau 4. Bahkan kamar hotel juga hanya dihuni oleh sekitar 4 orang, lebih sedikit dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Bagi mereka yang tinggal pada jarak lebih dari 2km dari Masjidl Haram, bisa menggunakan bus salawat yang beroperasi selama 24 jam,” jelasnya.

Untuk mengefektifkan operasionalisasi bus shalawat, Kementerian Agama juga telah mengambil kebijakan untuk lebih mengkonsentrasikan pemukiman jamaah di Makkah. “Kalau dulu pemondokan tersebar di 12 wilayah, sekarang di 6 wilayah saja, seperti di Mahbaz Jin, Jarwal, dan lainnya. Sehingga operasionalisasi bus shalawat yang 24 jam diharapkan akan bisa bekerja lebih efektif,” jelasnya

Masih dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan haji, Menag menambahkan bahwa pada penyelenggaraan haji tahun ini, jamaah haji Indonesia akan diberi makan sehari sekali selama 15 hari berada di Makkah. “Ini pertama kali diterapkan. Tahun sebelumnya tidak pernah,” tegas Menag.

“Itu tidak mengurangi se-Riyal pun hak jamaah yang akan tetap mendapatkan 1.500 Riyal sebagai living cost di Makkah,” tambahnya.

Untuk memastikan proses persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan dengan baik dan benar, Menag memastikan bahwa semua persiapan penyelenggaran ibadah haji yang dijalankan oleh Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag dilakukan bersinergi dengan pengawas internal Kementerian Agama. “Hampir semua kegiatan, tender katering, hotel, penerbangan, semua diawasi Itjen. Bahkan juga melibatkan BPK dan KPK untuk memastikan apa yang kita lakukan on the track dan rasional,” terangnya.

“Kita bukan ingin mendapatkan harga yang murah, tapi yang rasional sehingga efisiensi benar-benar bisa didapat,” tambahnya. (mkd/mkd)

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,98,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,1,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,7,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,49,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,2,Kabar Islam,155,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,39,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,54,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,23,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,1,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,59,Ustadz Menjawab,36,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Tentang Haji : BPIH Turun, Ini Penjelasan Detailnya
Tentang Haji : BPIH Turun, Ini Penjelasan Detailnya
http://3.bp.blogspot.com/-whdDQn9-3qA/VUCd9raxwWI/AAAAAAAACo4/bY6IYmFkF1g/s1600/IMS.png
http://3.bp.blogspot.com/-whdDQn9-3qA/VUCd9raxwWI/AAAAAAAACo4/bY6IYmFkF1g/s72-c/IMS.png
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2015/04/tentang-haji-bpih-turun-ini-penjelasan.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2015/04/tentang-haji-bpih-turun-ini-penjelasan.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy