Menyelami Arti Tawakal

Orang yang tawakal adalah orang berserah diri kepada Alloh Swt. dengan segenap keyakinan bahwa Alloh adalah Yang Menguasai segala sesuat...

tawakal
Orang yang tawakal adalah orang berserah diri kepada Alloh Swt. dengan segenap keyakinan bahwa Alloh adalah Yang Menguasai segala sesuatu, kemudian mengiringinya dengan ikhtiar yang maksimal.
Sebagai makhluk Alloh Swt., kita wajib bertawakal kepada-Nya. Karena hanya orang yang tawakal kepada Alloh yang akan dicukupi setiap kebutuhannya oleh Alloh Swt. Namun, jangan salah kaprah memahami arti tawakal. Jangan sampai seperti orang yang ingin hidup sejahtera tapi aktifitasnya hanya tidur saja, kemudian dia berdalih, “Ah kuda nil juga kerjaannya hanya berendam tapi gemuk-gemuk.” Tawakal bukanlah demikian. 

Dalam tawakal, ada tiga tahapan yang perlu kita penuhi.
Tahap pertama, belajar tentang asma Alloh Swt. Dengan belajar mengenai nama-nama atau asma Alloh, maka kita akan semakin mengenal Alloh, akan semakin dekat dengan Alloh. Kita akan semakin mengerti tentang siapa Pencipta kita, siapa Pemberi Rezeki kita. Mengenal adalah gerbang pertama yang akan mengantarkan kita kemudian pada derajat yakin.

Tahap kedua, belajar menyempurnakan ikhtiar. Jangan dulu melompat kepada tahap keyakinan. Ikatlah dahulu tali unta, atau kuncilah dahulu kendaraan kita dengan benar, baru bertawakal kepada Alloh Swt.
Jadi jangan sampai kita merasa tahu kepada Alloh Swt. kemudian langsung saja kita yakin bahwa Alloh akan memenuhi kebutuhan kita. Sebagai contoh, ada seorang pemuda tidak melakukan pekerjaan apapun selain santai saja atau bermalas-malasan saja. Saat dia ditanya, “Mengapa kamu tidak bekerja?” Lantas dia menjawab, “Saya yakin Alloh Maha Memberi Rezeki, pasti saya akan dapat rezeki!”
Jawaban pemuda ini sekilas nampak benar, tapi salah. Pemuda ini belum sampai mengenal Alloh, dia baru sebatas tahu bahwa Alloh Maha Menolong. Kalau pemuda ini mengenal Alloh, dia pasti akan mengerti siapa saja dan seperti apa saja orang yang akan ditolong oleh Alloh Swt.
Maka, penting untuk menyempurnakan ikhtiar; menyempurnakan belajar, menyempurnakan berobat dan lainnya. Jangan dulu menyerahkan segalanya kepada Alloh, sebelum melalui tahapan ini.
Rosululloh Saw. bersabda, “Jika kalian bertawakal kepada Alloh dengan tawakal yang sebenar-benarnya, niscaya Alloh akan memberikan rezeki kepada kalian sebagaimana Alloh memberi rezeki kepada seekor burung, di pagi hari dia pergi dalam keadaan lapar dan di sore hari dia pulang dalam keadaan kenyang.” (HR. Ahmad)
Saudaraku, dalam hadits ini kita melihat burung itu tidaklah diam. Dia terbang menjemput rezeki Alloh yang dia pun belum tahu ada di mana rezeki tersebut. Ini memperlihatkan bahwa memaksimalkan ikhtiar adalah bagian penting dari tawakal. Jangan sampai yakin kita kepada Alloh hanya menjadi tempat kita bersembunyi dari kemalasan kita.


Tahap ketiga, mantapkan tauhiid di hati. Setelah kita mengenal Alloh melalui asma-Nya, kemudian menyempurnakan ikhtiar kita sebagai bentuk ibadah kepada-Nya, maka tahap selanjutnya adalah memantapkan di dalam hati bahwa tiada yang kuasa menolong kita kecuali Alloh semata. Setelah upaya yang kita lakukan dengan maksimal, maka janganlah bergantung kepada atasan, jangan bergantung kepada orangtua, jangan bergantung kepada makhluk, karena mereka semua hanyalah perantara. Bergantunglah hanya kepada Alloh Swt.

By AA Gym

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,100,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,2,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,10,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,51,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,3,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,55,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,25,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,2,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,61,Ustadz Menjawab,37,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Menyelami Arti Tawakal
Menyelami Arti Tawakal
http://2.bp.blogspot.com/-5xBUR75iZGo/VRdEiyrqG5I/AAAAAAAACU0/Gxaz1tY0QHQ/s1600/tawakalllll.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-5xBUR75iZGo/VRdEiyrqG5I/AAAAAAAACU0/Gxaz1tY0QHQ/s72-c/tawakalllll.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2015/03/menyelami-arti-tawakal.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2015/03/menyelami-arti-tawakal.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy