Bagaimana Menyeimbangkan Antara Kuliah dan Organisasi??

Assalamualaikum... Setelah kemarin sudah saya postingkan mengenai "Alasan Kenapa Harus Be...

Assalamualaikum...
Setelah kemarin sudah saya postingkan mengenai "Alasan Kenapa Harus Berorganisasi", nah pada kesempatan kali ini akan saya kasih tahu mengenai bagaimana cara menyeimbangkan antara "kuliah dengan organisasi". Buat maba politeknik negeri semarang 2014, silahkan dibaca dan semoga bermanfaat :
Sepintas, tugas-tugas yang kita peroleh di dunia kerja tampak seperti tanggung jawab individu. Namun jika dilihat lebih dalam lagi, tugas yang diberikan kepada masing-masing karyawan itu bersifat interdependensi (saling ketergantungan) yang bertujuan untuk memajukan perusahaan. Kemampuan yang mumpuni dalam bekerja sama (teamwork) akan memudahkan pekerjaan dan target-target perusahaan terpacai.
Kemampuan bekerja sama dengan orang lain ini tidak terjadi secara instan sebab harus melewati beberapa proses. Untuk meningkatkan kemampuan ini, kita dapat melatih diri dengan bergabung dalam organisasi. Tak perlu menunda waktu untuk aktif, kita dapat memulainya semenjak berada di bangku kuliah. Masa kuliah adalah saat yang tepat untuk mengembangkan hardskill  dan softskill kita.

Manfaat Terasa Hingga Bekerja
Banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan aktif organisasi, bahkan manfaat itu akan dapat kita rasakan hingga memasuki dunia kerja. Hal tersebut diamini  Rudi Widiyanto, M. Psi, Psikolog, Tim People and Development ECC UGM. Menurut Rudi, sapaan akrabnya, pada saat proses rekrutmen kerja, orang-orang yang aktif berorganisasi, meskipun dengan IPK yang standar akan lebih dilirik perusahaan dibanding mereka yang tidak aktif berorganisasi. Pihak perusahaan lebih yakin, orang yang aktif organisasi sudah terbiasa menghadapi konflik sehingga tidak akan terkejut ketika berhadapan dengan masalah pekerjaan.
Selain itu, berorganisasi akan membekali diri dengan keterampilan komunikasi. Di dunia kerja, kita akan sering dihadapkan dengan diskusi untuk menyelesaikan masalah pekerjaan. Agar dapat mengutarakan pendapat dengan baik, tentu kita harus memiliki keterampilan komunikasi. Menurut Rudi, seseorang yang aktif organisasi akan lebih mudah dalam menyampaikan pendapat.
“Keterampilan berkomunikasi ini akan memudahkan kita mengutarakan pendapat, mendengarkan pendapat orang lain, serta tahu kapan saat tepat untuk mempertahankan pendapat. Jangan sampai ide cemerlang kita tidak tersampaikan sehingga perusahaan mengambil keputusan yang biasa saja karena kita tidak pandai mengomunikasikannya,” papar Rudi.

Cerdas Membagi Waktu
Lulus dengan IPK tinggi dan aktivitas organisasi berjalan lancar akan menjadi nilai tambah bagi seorang fresh graduate. Bagaimana cara memperolehnya? Menurut Rudi, ada tiga usaha yang dapat kita lakukan:
  1. Buat planning harian
    Organisasi dan kuliah sama-sama memberi bekal penting untuk menapaki masa depan. Agar berjalan seimbang, kita dapat mengatasi dengan membuat rencana kegiatan harian. Jadwal kuliah pasti sudah Anda ketahui semenjak awal semester. Nah, saat ada waktu luang, Anda dapat memanfaatkan untuk aktif di kegiatan organisasi.
  2. Atur emosi
    Dengan ikut organisasi, Anda akan belajar bagaimana menjadi seorang profesional. Saat kuliah, jangan membawa masalah yang terjadi di organisasi ke kelas, begitu juga sebaliknya. Jangan sampai hubungan dengan rekan terganggu karena tidak pandai mengatur emosi.
  3. Bisa mendelegasikan tugasMenjadi pengurus organisasi bukan berarti Anda harus setiap saat menangani pekerjaan yang ada. Ketika ada kuliah misalnya, Anda dapat mendelegasikan tugas itu kepada rekan lain. Di sini Anda sudah belajar melakukan delegasi tugas yang dapat Anda alami di dunia kerja nanti.
Bagaimana dengan Anda yang sudah terlanjur lulus dan tidak sempat aktif organisasi? Menurut Rudi, ikutlah komunitas ataupun forum yang bersifat positif. Pemilihan komunitas itu dapat juga berdasarkan hobi yang Anda miliki.
Banyak kan manfaat jangka panjang yang akan Anda peroleh dengan aktif organisasi. Jadilah lulusan yang berkualitas secara hardskill maupun softskill. Bila Anda sudah terlanjur lulus dan belum sempat aktif, segeralah bergabung dengan komunitas yang Anda suka karena tidak ada kata terlambat untuk belajar. 

Sumber : Careernews.com

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,98,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,1,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,8,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,50,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,2,Kabar Islam,155,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,39,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,54,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,23,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,1,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,60,Ustadz Menjawab,36,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Bagaimana Menyeimbangkan Antara Kuliah dan Organisasi??
Bagaimana Menyeimbangkan Antara Kuliah dan Organisasi??
http://3.bp.blogspot.com/-4TBQrcgaz-I/VBlxwHCV0vI/AAAAAAAABOo/QxDY1fgVwOA/s1600/timthumb.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-4TBQrcgaz-I/VBlxwHCV0vI/AAAAAAAABOo/QxDY1fgVwOA/s72-c/timthumb.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2014/09/bagaimana-menyeimbangkan-antara-kuliah.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2014/09/bagaimana-menyeimbangkan-antara-kuliah.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy