Organisasi Harus Tahu Diri Sendiri

Rasul pernah bersabda, "Siapa mengetahui dirinya, ia akan mengetahui Tuhannya". Tampaknya, hadis di atas tidak hanya tepat ...

Rasul pernah bersabda, "Siapa mengetahui dirinya, ia akan mengetahui Tuhannya".
Tampaknya, hadis di atas tidak hanya tepat digunakan para sufi dalam rangka mencapai maqam "ma'rifat". Namun, jika direnungkan, hadis itu untuk siapa saja, untuk keperluan apa saja, termasuk untuk kepentingan berorganisasi.
Organisasi apa saja, seperti kepengurusan remas, sekolah, pesantren, partai politik hingga negara, kiranya perlu merenungi hadis itu, paling tidak, sebagai langkah awal. Bahkan, menurut saya, inilah langkah terpenting dalam berorganisasi. Yakni, mengetahui diri sendiri dari organisasi.
Laksana tubuh, organisasi terdiri dari kepala, badan, tangan dan kaki. Kepala adalah posisi terpenting. Di sana ada mata sebagai indera penglihatan, hidung sebagai indera penciuman dan berfungsi untuk pernafasan, telinga untuk mendengar. Bahkan, di kepala ada mulut sebagai alat bicara. Dan, yang terpenting adalah otak untuk berpikir tentang bagaimana semua organ berjalan dengan baik dan sempurna.
Artinya, seorang kepala, pemimpin, ketua harus memaksimalkan fungsi indera dan organ tubuh lainnya. Kepala harus memiliki visi atau pandangan ke depan, melihat masa yang akan datang supaya lebih baik. Karenanya, ia dituntut selalu kreatif dan inovatif. Kepala yang bersifat visioner akan membuat langkah dan program terus dinamis, bergerak maju.
Kepala juga harus vokal, tidak hanya diam. Ia harus berani bersuara, tidak cukup hanya membatin. Pemikirannya harus disosialisasikan agar bisa dipahami. Selain itu, kepala harus bisa mendengarkan aspirasi sekaligus secara bijak melakukan koreksi dan seleksi, mana ide yang tepat dan mana isu atau pepesan kosong yang layak untuk dikesampingkan dan dibuang jauh-jauh.
Kepala juga harus memaksimalkan indera penciuman supaya ia mampu melakukan deteksi lebih dini sebagai langkah antisipasi dari segala kemungkinan baik dan buruk. Dan, kepala sebagai tempatnya otak, haruslah cerdas dan lebih unggul. Kecerdasan (fathonah) ini sangat penting bagi kepala dalam mengelola atau mengorganisasi seluruh tubuh.
Tentu saja, visi dan misi kepala di atas, tidak akan berjalan dengan baik, bila tangan, kaki dan badan tidak turut membantu. Tangan harus siap mensukseskan pemikiran kepala; badan siap menjadi tulang punggung untuk membentengi kepala; dan kaki siap berjalan atau bila perlu berlari supaya cita-cita organisasi dapat terwujud dengan cepat dan tepat.
Bila ada anggota tubuh, entah itu tangan, jari-jemari, perut, dada, lutut dan sebagainya yang mengalami masalah, tentu saja kepala akan berpikir bagaimana menyelesaikan masalah itu. Jika tangan kiri yang sakit, maka kepala akan otomatis meminta tangan kanan membantu menyembuhkan saudaranya, si tangan kiri.
Tangan kiri harus bersedia dibantu supaya lekas sembuh. Tidak mungkin, tangan kiri menolak, apalagi memukul kepala sendiri. Jika itu terjadi, organisasi akan kacau. Jika proses penyembuhan tidak kunjung berhasil, bahkan penyakit di tangan kiri makin menjadi-jadi hingga dinilai akan melumpuhkan organ lainnya, maka jalan terbaik adalah dilakukan amputasi untuk memotong tangan kiri dan seluruh jaringannya.
Begitulah kepala melakukan tugas manajemen atau pengaturan organisasi, dan begitulah seluruh anggota badan mengikuti sistem organisasi dalam manajemen. Semua harus berjalan sistemik sesuai fungsi dan perannya masing-masing.
Dengan mengetahui hakikat berorganisasi yang ibarat organ-organ tubuh, maka semua yang terlibat dalam organisasi, untuk langkah awal adalah menyadari bahwa masing-masing person harus memahami dirinya sendiri dan mengerti posisinya dalam organisasi.

Oleh :  H.R. Taufiqurrochman, MA

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,100,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,1,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,8,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,50,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,2,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,54,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,23,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,1,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,60,Ustadz Menjawab,36,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Organisasi Harus Tahu Diri Sendiri
Organisasi Harus Tahu Diri Sendiri
http://4.bp.blogspot.com/-MjW6x37dlVE/UqVJ4TrEpdI/AAAAAAAAA0I/5ZWWDd7W3Ew/s320/leader5.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-MjW6x37dlVE/UqVJ4TrEpdI/AAAAAAAAA0I/5ZWWDd7W3Ew/s72-c/leader5.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2013/12/organisasi-harus-tahu-diri-sendiri.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2013/12/organisasi-harus-tahu-diri-sendiri.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy