Staffing Kader

Staffing kader (penempatan) kader dalam sebuah organisasi sangatlah berpengaruh besar dalam organisasi tersebut. Karena kader inilah yang...


Staffing kader (penempatan) kader dalam sebuah organisasi sangatlah berpengaruh besar dalam organisasi tersebut. Karena kader inilah yang nantinya akan bergerak dan menggerakkan keberhasilan dan kekompakan dalam organisasi tersebut. Jika dalam penempatan itu salah posisi, maka keberlangsungan / gerak langkah organisasi tersebut bisa bisa menjadi jalan di tempat, dan yang lebih fatal lagi organisasi tidak jalan karena ditiggalkan kader. Kader tidak aktif, kader tidak mau tahu lagi tentang organisasi tersebut.
Kasus:
Ada sebuah agenda Open recruitmen Mahasiswa Baru. Dalam mempersiapkan agenda tersebut, elemen yang paling dibutuhkan adalah susunan kepanitiaan. Ada sebuah pengalaman, seorang kader yang salah posisi dalam penempatan kepanitiaan. Dalam kepanitiaan tersebut, si kader mendapat posisi sebagai Penanggung Jawab sie humas dan publikasi. Jobdesk  dari humas dan publikasi antara lain adalah legalisasi surat menyurat, pembuatan pamflet, serta MMT. Apa yang terjadi?? Si kader ini kalang kabut bukan main, karena dia merasa ditempatkan pada posisi yang bukan bakat dan minatnya. Anggotanya yang lain ada, namun yang lebih parah lagi mayoritas anggota dalam seksi tersebut tidak bisa desain. Apa akibatnya?? Publikasi acara molor. Terhitung satu minggu sebelum hari H, pamflet belum siap di pasang. Padahal antusiasme Mahasiswa baru untuk ikut agenda tersebut sangat besar.
Dari contoh kasus diatas, kita memang perlu memperhatikan yang namanya Staffing kader (penempatan) kader dengan sesuai. Kader dengan peran yang diberikan ibarat tumbuhan dengan habitatnya. Dimana kaktus hanya bisa hidup di padang pasir dan rumput laut hanya bisa hidup di laut. Begitu pula kader, seorang kader akan bisa berperforma dengan baik jika ia ditempatkan di tempat sesuai potensi dan minat yang ia miliki.
Kepahaman pemimpin akan kadernya sangat diperlukan dalam menyelesaikan hal ini. Seorang pemimpin disini atau setidaknya koordinator manajemen SDM dituntut untuk mengetahui apa yang kader senangi dan lingkungan dakwah mana yang membuat dirinya menjadi lebih bermanfaat dan produktif. Terkadang kader akan lebih banyak berkarya jika ia senang dengan apa yang ia kerjakan dan nyaman dengan lingkungan tempat ia berdakwah. Ada kader yang senang membahas sesuatu yang dalam lingkup makro ( kampus ) ada pula kader yang senang tuk membahas dalam lingkup mikro ( program studi ). Dengan mengetahui apa yang menjadi minat kader, maka permasalahan ini akan selesai dengan mengembalikan ke minat dan potensi kader itu sendiri.
Ada beberapa cara yang mungkin ini juga bisa membantu dalam mengetahui kader, yaitu adanya Assesment tiap kader/disc profile test. Tujuan daripada assesment/disc profile test adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang pribadi / karakter kader yang ada sekarang. Data hasil test inilah yang nantinya bisa kita pakai dalam penempatan/staffing kepanitiaan / penempatan amanah dalam organisasi. Cara lain adalah pendekatan secara individual. Pendekatan disini dimaksudkan untuk lebih dekat dan mengetahui karakter kader. Mungkin ini lebih efisien dalam mengetahui sifat kader dalam organisasi.
Wisma 87, 20 September 2013 00:21

COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,100,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,2,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,10,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,51,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,3,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,55,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,25,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,2,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,61,Ustadz Menjawab,37,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Staffing Kader
Staffing Kader
http://1.bp.blogspot.com/-aVgIFUZyO1M/Ujv1sNZ0gdI/AAAAAAAAAn8/19hX0AbMYAY/s1600/staffing-strategies-300x1991.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-aVgIFUZyO1M/Ujv1sNZ0gdI/AAAAAAAAAn8/19hX0AbMYAY/s72-c/staffing-strategies-300x1991.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2013/09/staffing-kader_20.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2013/09/staffing-kader_20.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy