Marhaban yaa Ramadhan

Alhamdulillah, kita umat islam berjumpa kembali dengan bulan yang penuh barakah, bulan ramadh...


Alhamdulillah, kita umat islam berjumpa kembali dengan bulan yang penuh barakah, bulan ramadhan. Seperti sudah menjadi adat kebiasaan, penetapan awal ramadhan di Indonesia terjadi perbedaan. Meskipun dari pemerintah sendiri -setelah melalui sidang Itsbat pada tanggal 19 Juli 2012 menetapkan awal ramadhan jatuh pada hari sabtu 21 juli 2012, namun masih ada saja saudara kita yang melaksanakan ibadah puasa pada hari jumat 20 juli 2012. Namun, itu tidak menjadi masalah dah menurutku, karena Perbedaan adalah rahmat J. Jangan sampai perbedaan ini menjadi alat pemecah umat islam.ini yang gawat. Yang puasa pada hari  jumat boleh, yang melaksanakan puasa sabtu juga boleh. Yang tidak boleh,,ya yang gak puasa.. :). Hal yang perlu diapresiasi, dan bisa dibilang salut, yakni aku sampaikan pada Kyai di desaku. Beliau selalu tegas menentukan awal ramadhan maupun awal idul fitri. Dari tahun ke tahun. Dan yang bikin salut, Beliau selalu tepat dengan ketentuan pemerintah J. Belilau Bapak Kyai Muchlash, ulama kondang dari desa Rejowinangun RW V.
Berbicara mengenai Ramadhan, sedikit cerita tentang kebiasaan yang selalu dilakukan masyarakat desa rejowinangun. Mungkin ini bukan hal baru dan asing bagi kita semua. Bahkan ini hampir dilakukan oleh semua umat muslim dipenjuru dunia. Yaa, kebiasaan pertama yang selalu dilakukan masyarakat desaku dalam menyambut ramadhan adalah ziarah kubur. Biasalah, ziarah kubur tujuanya mengirim do’a kepada arwah kubur. Amalan yang dibaca saat di tempat pemakaman yaitu membaca surat yaa siin atau Tahlil. Biasanya ziarah dilakukan H-3 sebelum ramadhan.
Kebiasaan selanjutnya yang selalu dilakukan oleh masyarakat desa rejowinangun yakni pada malam pertama bulan ramadhan selalu membuat/membawa nasi bungkus, yang nantinya di bagikan setelah usai shalat tarawih. Ini dilakukan hanya semaa mata untuk berbagi kepada sesama atau sedekah. Untuk malam-malam selanjutnya, biasanya bukan berupa nasi bungkus melainkan makanan ringan. Oleh masyarakat rejowinangun biasa menyebutnya ‘Jaburan’.  Dalam membawa jaburan biasanya dijadwal. Penjadwalan diatur oleh ketua RW setempat (Pak Bayan).
Satu yang tak boleh ditinggalkan, yaitu tradisi memukul bedug (baca: Jidur). Jidur dilakukan selesai shalat tarawih, biasanya dilakukan selama doa berlangsung.. :)
Hal yang menggembirakan, mungkin terjadi di masjid masjid seluruh indonesia bahkan dunia, jamaah pada malam pertama ramadhan sangat bejubel. Ini terjadi di Masjid desa ku, Masjid Al Islah. terlihat pada malam sabtu itu, jamaah sampai luber sampai sampai dari pihak ta’mir masjid membuatkan Tarub, untuk mengantisipasi jamaah yang datang terlambat dan tidak kebagian tempat. J. Namun harapannya, pemandangan semacam ini bisa istiqomah sampai akhir ramadhan.
Apapun kebiasaan dalam menyambut ramadhan maupun dalam beribadah bulan ramadhan, selama itu karena Allah, semoga Allah meridhainya. Akhiran, dari ku pribadi selamat menjalankan ibadah puasa ramadhan. Disinilah kita benar benar merecharge kembali hati kita, keimanan kita agar nantinya bisa terlahir dengan jiwa yang baru atau kata anak Rohis menjadi Arruhul Jadid. J. :

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,98,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,1,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,8,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,50,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,2,Kabar Islam,155,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,39,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,54,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,23,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,1,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,60,Ustadz Menjawab,36,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Marhaban yaa Ramadhan
Marhaban yaa Ramadhan
http://4.bp.blogspot.com/-Zlzo6Ts_lX8/UAubkLJq-zI/AAAAAAAAAQk/BmEeUHdZjGU/s200/Foto2243.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-Zlzo6Ts_lX8/UAubkLJq-zI/AAAAAAAAAQk/BmEeUHdZjGU/s72-c/Foto2243.jpg
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2012/07/alhamdulillah-kita-umat-islamberjumpa.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2012/07/alhamdulillah-kita-umat-islamberjumpa.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy