Mencegah Serangan Virus Dari Flashdisk

Flashdisk sekarang sudah menjadi kendaraan favorit virus-virus lokal untuk berpindah dari komputer 1 ke komputer lain. Mau bagaimana lagi, h...

Flashdisk sekarang sudah menjadi kendaraan favorit virus-virus lokal untuk berpindah dari komputer 1 ke komputer lain. Mau bagaimana lagi, hampir setiap pengguna komputer mempunyai flashdisk, untuk tranfer data ke flashdisk mudah, dan yang paling penting flashdisk yang harganya sekarang sudah seperti kacang rebus semakin merakyat. Punya 2 flashdisk di kantong, ah biasa. Karena itulah sasaran penyebaran virus dengan flashdisk sangat efektif, bahkan Untuk Indonesia, penyebaran lewat flashdisk lebih efektif daripada lewat internet.  

Banyak cara yang dilakukan orang untuk meminimalisir serangan virus dari flashdisk, membeli antivirus termahal dengan biaya langganan, memasang puluhan antivirus di satu komputer, memproteksi flashdisk dari penulisan data, menghindari menancap flasdisk ke komputer tak dikenal, yang paling ekstrim: tidak melakukan pertukaran data apapun dengan flashdisk.
Dari cara tersebut, ada yang efektif tapi sulit, ada yang terlalu paranoid, ada juga yang bodoh. Lalu mana yang paling pas untuk diterapkan tanpa harus terlihat aneh oleh orang lain. Mungkin beberapa point dibawah bisa membantu.. 
Perhatikan Flashdisk Temanmu
Seorang teman ingin di flashdisknya di isikan lagu-lagu terbaru milik anda. Mau tidak mau flashdisk itu harus menancap di port USB komputer anda, yang bisa menjadi jalan masuknya virus. Apakah flashdisk itu beresiko? Apakah mengandung virus? Itu penting untuk diketahui, apalagi kalau teman itu terkenal dengan suka memelihara virus. Lebih ngeri lagi bila teman itu diam-diam adalah programmer virus, dan berusaha menyebarkan virus buatannya ke komputer anda.
Saya bukan mengajak untuk menjadi paranoid dengan menginterogasi teman itu habis-habisan. Tapi supaya lebih waspada, bahaya bisa datang dari mana saja. Tidak perlu dengan menginterogasi, cukup dengan menjadi lebih waspada. 
Hati-hati Dengan Komputer Publik
Komputer publik, misalnya komputer yang ada di warnet, rentalan, lab komputer, perpus dan tempat-tempat publik lain digunakan oleh orang yang tingkat kemampuan dan kecerobohan dalam berkomputer berbeda-beda. Tiap orang yang memakainya bisa sengaja atau tidak sengaja menyebarkan virus ke komputer publik. Tidak heran kalau satu komputer publik bisa diinfeksi oleh beberapa virus sekaligus. Minimalkan bertukar data dengan komputer publik, kecuali sudah yakin komputer itu bersih. Data anda di flashdisk bisa lebih berharga dari nyawa sendiri. 
Kalaupun terpaksa menancapkan flashdisk di komputer publik yang bervirus. Ketika akan dibuka di komputer rumah, siagakan antivirus andalan dan senjata-senjata yang lain. Serang file virus sebelum sempat menyerang komputer anda. Salah satu senjatanya adalah tips di bawah ini
Mencegah Autorun
Banyak virus yang memanfaatkan fasilitas windows yang satu ini untuk dapat aktif. Dengan cara ini, virus yang bertengger di flashdisk dapat aktif sesaat setelah flashdisk ditancapkan. Bahkan sebelum pengguna sempat melihat isi flashdisk. 
Di artikel ini saya sudah menerangkan apa itu autorun dan bagaimana mencegahnya. Yaitu dengan mematikan fungsi autorun dengan mengedit registry dan menggunakan software yang bernama Autorun Eater. Autorun Eater berguna untuk mendeteksi dan menghapus file autorun.ini yang ada di flashdisk. File itulah yang mengaktifkan file virusnya, bila file itu dihapus, virus tidak akan aktif dengan sendirinya. Selanjutnya, tinggal hapus file virusnya secara manual.
Selain dua cara itu, ada lagi cara yang lebih mudah, tanpa harus mengedit registry atau menginstal software tertentu. Ketika flashdisk di tancapkan, tekan dan tahan tombil Shift. Tahan hingga beberapa detik sampai tidak ada reaksi dari komputer. Setelah itu, buka drive melalui tree drive yang ada di kolom kiri windows explorer secara manual.
Tampilkan File yang Tersuperhidden
Umumnya file virus yang aktif dengan autorun menggunakan attribut superhidden. Ini untuk mencegah file virus terdeteksi oleh pengguna. Dengan begitu pengguna tidak akan mencurigai apa-apa ketika melihat isi flashdisk. Karena itulah untuk mengenali file virus yang di superhidden, kita harus bisa melihat file yang di superhiddenkan. Agar windows menampilkan file yang di superhidden, silahkan baca artikel yang ini
Epilog
Tips-tips diatas memang tidak menjamin 100% komputer terbebas dari serangan virus dari flashdisk. Minimal ya..bisa sedikit mengurangi resiko komputer terkena virus. Kunci dari semua itu adalah kewaspadaan, menutup semua celah yang beresiko menjadi media penularan. Bila kewaspadaan ini dilakukan oleh sebagian besar pengguna komputer d indonesia populasi virus di Indonesia bisa lebih menurun


COMMENTS

Name

akhlak nabi muhammad,1,ann jakarta,1,Artikel Islam,100,Asbabun Nuzul,13,bangkit NU,1,begal,1,berkat shalawat maksiat minggat,1,Biografi Habaib,1,Biografi Ulama,4,Ceritaku,47,Feature,9,festival nasyid,1,habib syech terbaru,2,hari perdamaian dunia,1,Inspirasi,12,Internasional,11,Islam di italia,1,Jadwal AlMunsyidin Pekalongan,1,Jadwal Habib Syech,10,jadwal habib syech april 2015,1,jadwal Habib Umar,1,Jadwal Kanzus Shalawat,2,Jadwal Riyadlul Jannah,1,Jadwal Shalawat,51,jadwal shalawat bulan desember,2,Jadwal Shalawat Habib Syech Bulan Februari 2016,1,jadwal shalawat november,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Bulan Juni 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech bulan Oktober 2015,1,Jadwal Sholawat Habib Syech Terbaru,3,Kabar Islam,158,Kajian Adh DhiyaaulLaami,7,Kajian Alfachriyah,19,Kajian Ar Raudhah,3,KajianAM,9,Kalam Ulama,36,Kolomtips,32,Komputer,2,lebah,1,Lintas Majelis,1,Lirik Shalawat,35,madrasah,1,majlis riyadlul jannah,2,Manajemen Organisasi,5,Meme Islami,37,Mp3 Kajian,39,MuktamarNu33,11,Nasional,41,nasyid,1,olga meninggal,1,penguat hati,55,Puasa Arafah,1,RamadhanCeria,7,Remaja Ceria,25,riyadlul jannah,1,riyadlul jannah mp3 terbaru,1,riyadluljannah,1,Safari Maulid,1,savemadrasah,1,shalat gerhana bulan,2,shalawat,2,siwak massal,1,Ta'limul Muta'alim,3,tragedi mina,1,Tugas Kuliah,2,Tulisanmu,61,Ustadz Menjawab,37,Video Kajian,2,
ltr
item
Neverblast | Media Islami Menginspirasi: Mencegah Serangan Virus Dari Flashdisk
Mencegah Serangan Virus Dari Flashdisk
Neverblast | Media Islami Menginspirasi
http://www.neverblast.com/2010/12/mencegah-serangan-virus-dari-flashdisk.html
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/
http://www.neverblast.com/2010/12/mencegah-serangan-virus-dari-flashdisk.html
true
2176911326178996937
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow Artikel Bermanfaat Silahkan bagikan terlebih dahulu, Untuk membaca Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy